Cara Memilih WordPress Theme

Cara Memilih WordPress Theme

1 32
memilih wordpress theme

Anda mungkin ingin punya tampilan web yang bagus dan profesional untuk menumbuhkan kepercayaan pengunjung. Apalagi jika Anda akan membuat sebuah situs bisnis.

Beberapa perusahaan mungkin membayar ribuan dolar untuk membangun sebuah situs yang profesional, namun dengan adanya WordPress saat ini dan mudah untuk menerapkan suatu tema tertentu, WordPress membuatnya menjadi jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih hemat biaya saat untuk membuat website yang indah dan fungsional.

Tentu saja, sangat penting untuk Anda memilih tema dan style yang paling mewakili bisnis Anda. Dengan ribuan tema yang ada di internet, tidak mustahil untuk mempersempit pilihan sehingga Anda dapat menemukan tema yang akan mewakili bisnis Anda dengan baik dan memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk pengunjung.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih dari beberapa tema WordPress premium yang tersedia di internet.

Tampilan Tema Secara Keseluruhan

Tampilan tema akan sangat penting. Namun, dengan fitur kustomisasi dan pilihan yang disediakan membuatn pengguna awam dapat menggunakannya, dengan fitur tersebut pengguna dapat lebih mudah membuat perubahan pada tema.

Bahkan jika tema yang Anda temukan saat ini tidak cocok dengan apa yang Anda perlukan/bayangkan, ada kemungkinan Anda dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang Anda butuhkan.

Tentu saja dengan banyaknya tema yang ada di internet, Anda mungkin punya kesempatan untuk menemukan tema dengan tampilan yang sempurna atau sesuai yang Anda idam-idamkan.

Pilihan Layout

memilih wordpress themePilihan layout menjadi faktor penting lainnya dan Anda perlu mengecek tema tersebut untuk melihat apa yang mereka tawarkan.

Memang menyenangkan jika punya tema yang memiliki pilihan mengenai lokasi sidebar, apakah Anda akan menggunakan layout blog yang lebarnya full atau yang berkolom atau pertimbangan layout lainnya.

Berhubungan dengan topik layout, ide yang bagus untuk mempertimbangkan apakah Anda ingin punya situs dengan 2 atau 3 kolom. Mengetahui hal-hal dasar tentang tampilan situs Anda akan membuat Anda menjadi lebih mudah ketika ingin mempersempit pilihan tema yangakan digunakan.

Bagi kebanyakan bisnis, format layout dengan 2 kolom merupakan pilihan layout yang sedang populer. Bila Anda memiliki lebih banyak kolom pada sebuah halaman, tampilan halaman tersebut akan terlihat ramai.

Pengunjung Anda mungkin menjadi merasa tidak mudah untuk fokus pada artikel yang ingin mereka baca.

Pilihan Kustomisasi

Jenis pilihan apa yang Anda inginkan jika sebuah tema memiliki pilihan kustomisasi?

Kebanyakan tema blog di internet saat ini menawarkan kemampuan untuk mengubah kode CSS. Dengan kemampuan tersebut pengguna dapat mengubah ukuran font, warna link, style font dan lain-lain.

Dalam banyak kasus, pengguna akan punya akses ke fitur kustomisasi melalui admin panel. Mengubah warna tema dan elemen lainnya akan menjadi lebih mudah dengan mengklik sebuah tombol.

Akan lebih bagus lagi jika daapt menyewa seorang desainer profesional.

Apakah blog tersebut punya header yang dapat diubah dan dikustomisasi? Dalam kebanyakan kasus, header berisi tampilan logo perusahaan dan nama perusahaan Anda.

Kemampuan untuk mengganti header dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri akan membuat Anda dapat memberikan sentuhan pribadi pada web tersebut.

Pilihan SEO

SEOKebanyakan bisnis tahu betapa pentingnya SEO (Search Engine Optimization) saat ini.

Bahkan dengan semua perubahan yang ada pada algoritma search engine saat ini, kualitas SEO akan menjadi penting bagi perusahaan apapun yang ingin berkembang di pasar yang kompetitif saat ini. Beberapa tema punya pilihan dan fitur SEO bawaan saat ini.

Anda dapat menyesuaikan tag, menambahkan tag ke gambar dan link, menambahkan keyword dan masih banyak lagi. Setiap usaha kecil yang Anda dapat lakukan untuk keperluan SEO, hal itu akan lebih baik.

Apakah Temanya Worthed?

Sesuatu yang Anda mungkin pertimbangkan ketika memilih tema premium adalah tema itu selalu di-update?

Seberapa sering tema itu di-update? Jika Anda punya tema lama yang tidak menerima update dan yang tidak punya sistem support, hal ini akan menjadi sulit untuk membuat tema tetap berjalan dengan baik.

Tanpa update, Anda mungkin akan kehilangan beberapa fitur yang mungkin dimiliki oleh sebuah tema baru. Selalu cek untuk mengetahu jenis update apa yang mereka lakukan pada sebuah tema.

Jika mereka punya forum, Anda mungkin ingin mengecek dan melihat apa yang pengguna katakan tentang tema yang Anda gunakan.

Dengan mengingat pertimbangan-pertimbangan di atas dalam memilih sebuah tema, Anda akan dapat menemukan tema WordPress yang terbaik untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat! 😉

1 COMMENT

Leave a Reply