Hard disk adalah media penyimpanan yang sering kita pakai untuk menyimpan data penting baik itu berupa file, gambar, video, mp3 dan sebagainya yang bisa kita gunakan lagi nanti. Namun, dalam beberapa kasus, usia hard disk dan faktor kerusakan hard disk atau bad sector kadang-kadang tidak dapat kita hindari.

Oleh karena itu, lambatnya komputer ketika diakses atau ada beberapa file yang korup ketika Anda menyalin, Anda perlu berhati-hati ada kemungkinan hard disk Anda terkena bad sector.

memperbaiki bad sector pada hard disk

Bad sector adalah suatu kondisi di mana hard disk komputer kita mempunyai beberapa kerusakan yang mengakibatkan file korup dan lambat ketika diakses.

Ada 2 bad sector, yaitu:

  • Bad ector mekanik atau fisik yang dapat terjadi sebagai akibat dari tabrakan, tergores dan lain-lain yang mengakibatkan kehancuran bentuk fisik dari lempengan hard disk.
  • Bad ector software dapat terjadi ketika hard disk sibuk bekerja lalu listrik mati dan memutuskan aliran arus listrik ke komputer kita yang mengakibatkan kerusakan perangkat lunak pada hard disk dan lain-lain.

Tanda-tanda hard disk bermasalah adalah hard disk yang terbaca dan tidak dapat terbaca bermasalah dengan kecepatan.

Berikut ini akan dibahas cara memulihkan hard disk yang telah terpengaruh oleh bad sector dengan menggunakan aplikasi software yang mudah digunakan dan gratis di-download, softwarenya adalah Easeus Partition Manager.

Easeus partition manager

Sebuah software yang mudah digunakan untuk memperbaiki bad sector dan mampu memperbaiki hard disk rusak karena bad sector.

Prasyarat: Sebelum melakukan proses perbaikan bad sector pada hard disk Anda, pastikan data Anda telah di-backup sebelumnya untuk menghindari hilangnya data.

  • Download dan jalankan aplikasi Easeus Partition Manager pada komputer Anda.
  • Pilih partisi pada hard disk Anda yang terkena bad sector lalu klik Delete > Delete your partition, delete data.
  • Lalu klik tombol Apply.

Anda dapat mendownload aplikasi Easeus Partition Manager di sini.

Incoming search terms:

NO COMMENTS

Leave a Reply