Cara Mengamankan Bookmark Chrome Dengan Password

Cara Mengamankan Bookmark Chrome Dengan Password

0 470
ekstensi secure bookmark

Bookmark adalah cara untuk menyimpan link penting pada browser untuk dibuka di lain waktu. Hampir semua web browser sekarang mendukung fitur ini. Tapi bookmark tersebut bisa diakses oleh semua pengguna yang menggunakan browser Anda. Kadang-kadang kita tidak ingin menampilkan link yang kita simpan bisa dilihat oleh orang lain.

Untuk itu Anda perlu mengamankan bookmark tersebut dengan memberikan password. Jika orang lain ingin melihat bookmark itu, Chrome akan meminta untuk memasukkan password. Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika ada orang lain yang mengakses komputer Anda dan melihat-lihat bookmark.

Tapi bagaimana cara membuat password untuk melindungi bookmark sedangkan Google Chrome tidak mendukung untuk fitur ini? Anda perlu menginstal ekstensi Chrome, namanya Secure Bookmark.

Mengamankan Bookmark Chrome dengan Secure Bookmark

Buka Google Chrome Webstore dan instal ekstensi Secure Bookmark ke browser Anda. Setelah diinstal, Anda akan melihat ikon bintang di omni bar. Klik ikon itu dan Anda akan dibawa ke sebuah halaman baru di mana Anda dapat mengatur password.

ekstensi secure bookmark

Jika Anda ingin menyimpan bookmark ke dalam list yang dilindungi password, klik pada ikon bintang lalu klik tombol Create new bookmark. Sekarang simpan link itu ke dalam list. Drag dan drop juga bisa dicoba untuk mengubah lokasi link di dalam list.

list bookmark

Anda akan melihat 3 ikon tepat di atas list yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa tugas tertentu.

  1. Ikon pertama untuk menghapus link dari list.
  2. Ikon kedua untuk mengunjungi halaman setting.
  3. Ikon ketiga akan keluar dari ekstensi Secure Bookmark dan menyembunyikan list dari pengguna lainnya.

Setiap kali jika ada pengguna lain yang akan menggunakan komputer Anda, Anda harus melakukan sign off untuk menyembunyikan list tersebut dari pengguna lain. Jika seseorang mencoba untuk mengakses list bookmark yang dibuat oleh ekstensi ini, Chrome akan memintanya untuk memasukkan password.

password

Ada satu hal penting yang harus diketahui tentang ekstensi ini, yaitu tidak ada cara untuk melakukan pemulihan password dalam ekstensi ini. Jadi, Anda harus mengingat password yang dipakai, jika tidak Anda harus me-reset ekstensi dan Anda akan kehilangan semua link yang sudah disimpan.

NO COMMENTS

Leave a Reply