Cara Mengecek Alexa Rank Untuk Negara Tertentu

Cara Mengecek Alexa Rank Untuk Negara Tertentu

3 121
pencarian di alexa

Alexa adalah perusahaan web Amazon dimana Anda bisa mengecek ranking situs Anda secara global. Alexa akan menentukan ranking web Anda setelah mempertimbangkan banyak faktor seperti traffic website, pageview, ranking keyword dan lain-lain. Jika situs Anda punya jumlah traffic web yang lumayan baik, Alexa rank akan menentukan posisi global dari situs Anda.

Ketika Anda mengetikkan nama website Anda di kotak pencarian Alexa, Alexa akan menunjukkan ranking global website Anda dan juga ranking Alexa pada negara tertentu, jika Anda ingin memilih negara tertentu. Untuk website yang sangat populer, Alexa akan menunjukkan ranking-nya pada 30 negara (maksimumnya). Alexa juga akan menunjukkan ranking website Anda meskipun tidak begitu populer.

pencarian di alexa

Pastinya, Anda tidak bisa mendapatkan statistik ranking web Anda hanya dengan mencarinya di kotak pencarian Alexa (jika sebelumnya Anda belum pernah men-submit web tersebut di Alexa).

Langkah-langkah Mendapatkan Ranking Alexa pada Negara Tertentu

1. Buat Akun Alexa

Pertama, buka situs Alexa dan isi website Anda di kotak pencarian. Setelah ranking Alexa dari website Anda muncul, klik pada link “Create Account” di sudut kanan atas. Anda dapat mendaftar baik menggunakan Facebook maupun e-mail. Lakukan pendaftaran dan klik link konfirmasi dari Alexa pada email yang Anda pakai untuk mendaftar Alexa.

2. Memverifikasi Kepemilikan

Login ke dalam akun Alexa. Sekarang, Anda perlu memverifikasi kepemilikan situs Anda. Cukup upload file yang diberikan oleh Alexa untuk ditaruh di root folder website Anda atau menambahkan tag meta pada header website Anda.

Manfaat dari verifikasi Alexa:

Dengan melakukan verifikasi, Anda bisa mengisi informasi website dan dilihat oleh publik. Jadi, Anda dapat memberikan informasi yang tepat dan menarik tentang website Anda seperti judul dan deskripsi website.

3. Mengecek Ranking Website Anda pada Negara Tertentu

Sekarang, setelah mengisi detail website, cek listing publik dari website Anda. Setelah 2 atau 3 hari, ketika situs Anda mulai mendapatkan ranking, login lagi ke akun Alexa Anda.

Buka Alexa Dashboard, pilih website Anda dan klik pada “Edit Listing”.

Pada kolom kanan, Anda akan melihat menu dropdown dengan ranking negara tertentu yang Anda pilih. Saat artikel ini ditulis, total ada 200-an negara, Anda dapat memilih negara tertentu dan Alexa akan menampilkannya secara langsung.

alexa rank teknohere.com

3 COMMENTS

  1. terima kasih atas informasinya gan, kalo no data itu artinya apaan ya,
    blogku links innya malah di india bukan di indonesia…

  2. klo no datanya di reputation, alexa belum ketemu backlink good ke situs agan. klo india berarti pengunjung situs agan kebanyakan dari india

Leave a Reply