Cara Mengecek Artikel yang Duplikat di Internet

Cara Mengecek Artikel yang Duplikat di Internet

3 105

Plagiarisme adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh para penulis artikel, iya donk masa penulis dah capek-capek membuat artikel lalu dijiplak begitu saja oleh seseorang untuk keuntungannya sendiri. Kalau dalam etika dunia blogger, copy paste artikel milik seseorang boleh saja untuk dipublikasikan kembali di tempat yang lain dengan syarat yang menyalin artikel tersebut memberikan link sumber darimana artikel itu didapat, itulah yang benar bukan hanya copy paste saja tapi juga harus mencantumkan sumbernya. Nah, di kesempatan ini penulis mencoba untuk berbagi (bukan menggurui tapi hanya sekedar berbagi saja) cara yang bagus untuk memeriksa artikel yang duplikat di internet dengan menggunakan alat checker duplikasi konten. Artikel ini akan menunjukkan step-by-step untuk memeriksa artikel-artikel anda terhadap duplikasi konten dengan menggunakan alat checker duplikasi konten online (yang pastinya gratis).

Caranya :

  1. Langkah pertama adalah log in ke dashboard blog anda dan pilih artikel yang ingin anda cek.
  2. Lalu pergi ke tool pengecek duplikasi online http://www.articlechecker.com/.
  3. Copy paste konten artikel yang anda pilih tadi kemudian paste pada text box yang berukuran besar .
  4. Lalu copy juga URL artikel yang anda pilih tadi (contohnya, URL postingan ini adalah http://www.teknohere.com/cara-mengecek-artikel-yang-duplikat-di-internet) kemudian paste text box di bawahnya (yang ada tulisan http://).
  5. Berikan tanda ceklis pada Google dan Yahoo! lalu klik tombol “Compare”. Tool ini akan memeriksa artikel anda terhadap situs-situs lain yang telah menyalin konten tersebut dan akan memberikan hasilnya setelah alat ini selesai memeriksa.
  6. Langkah terakhir, jika hasil menunjukkan ada konten yang duplikat, maka pada kolom “Google Result Found” dan “Yahoo! Result Found” akan ada angka-angka. Lalu klik angka-angka tersebut untuk membuka tab baru dan search engine akan mencari di mana konten duplikat itu berada. Tinggal anda cek deh, apakah konten itu telah disalin orang lain atau anda sendiri yang menyalin konten orang lain.
  7. Ada satu cara yang lebih simple lagi menggunakan tol ini, anda hanya perlu memasukkan situs yang ingin diperiksa pada text box paling atas (yang ada tulisan example.com), masukkan dengan “www.situskamu.com”. Soalnya kalau “www” tidak dicantumkan hasil yang ditunjukkan akan “Error: Empty source”. Setelah memasukkan situsnya tinggal tekan Enter dan tool ini bekerja. Setelah menampilkan hasilnya, anda bisa lakukan cara yang sama seperti langkah nomor 6.

3 COMMENTS

Leave a Reply