Cara Mengubah Google Reader Menjadi Alat SEO Yang Mantap

Cara Mengubah Google Reader Menjadi Alat SEO Yang Mantap

0 45
google alerts

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa Google Reader bisa dipakai sebagai alat SEO yang mantap untuk memantau industri Anda, kompetitor dan backlink mereka semua secara gratis. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai Google Alerts dan Yahoo Pipes. Idenya adalah membuat feed RSS penuh wawasan dan mengagregasikan mereka ke dalam 1 tempat, yaitu Google Reader.

Inilah sumber daya SEO utama yang akan dipantau:

  1. Kata kunci kompetitor (brand atau kata kunci brand)
  2. Halaman baru pada situs kompetitor
  3. Kata kunci industri
  4. Forum (temukan orang yang bertanya tentang produk atau jasa industri Anda)
  5. Backlink kompetitor (backlink baru yang utama)

Kami akan mengatur semua feed yang dimasukkan ke dalam Google Reader dan membuatnya ke dalam 1 folder agar lebih terlihat bersih. Anda mungkin bisa punya banyak klien yang ingin dilakukan untuk latihan ini dan ide yang baik untuk memisahkan mereka agar nanti tidak kebingungan.

Sebelum dimulai, Anda perlu punya akun Google untuk menggunakan Google Reader, jika belum punya, cobalah mendaftar. Untuk contoh ini, katakanlah saya sedang dalam bisnis hot sauce dan Tabasco adalah saingan nomor satu saya.

1. Kata Kunci Kompetitor

Mulai dengan menambahkan alert ke dalam Google Alert untuk tabasco. Pilih type yang Everything dan Deliver to yang Feed.

google alerts

Klik tombol Create Alert dan klik View in Google Reader.

google alerts feed

Anda akan dibawa ke dalam Google Reader dimana kita akan menggabungkan feed.

Catatan: kadang-kadang ada sedikit bug dan Anda perlu menambahkan feed secara manual ke dalam Google Reader dengan mengklik link Feed dan menyalin serta mem-paste URL feed ke dalam Google Reader.

Hal pertama yang perlu dilakukan di dalam Google Reader adalah membuat folder baru untuk menjaga semuanya tetap terogranisir. Setelah Anda mengklik feed baru dan melihatnya, klik Feed Settings untuk membuat folder baru untuk menaruh feed ini dan yang lain di dalamnya, saya namakan misalnya hotsauce.

reader alerts

Sekarang saya akan membuat alert untuk produk khusus dari Tabasco, Habanero Sauce. Saya sengaja tidak memasukkan kata Tabasco di dalam alert ini karena semuanya tentang Tabasco sudah ada di dalam alert pertama saya. Buat alert lainnya dengan “Habanero Sauce” (dalam tanda kutip) sebagai kata kunci dan lakukan pengaturan yang sama seperti sebelumnya. Subscribe ke alert ini seperti yang dilakukan pada langkah sebelumnya dan masukkan ke dalam folder baru di Google Reader.

2. Intip Situs Kompetitor Anda

Kedua, mari kita buat sebuah alert untuk mengetahui halaman baru pada situs kompetitor. Akan menyenangkan tahu apa yang sedang mereka lakukan sekarang ini. Cukup sederhana, hanya perlu menambahkan Google alert lagi dengan kata kunci site:kompetitor.com. Dalam kasus ini saya akan menggunakan Tabasco lagi, jadi kata kunci saya untuk alert ini adalah site:tabasco.com.

Simpan feed dan lakukan subscribe. Setelah di reader Anda menandai semua item untuk feed ini dan semua halaman baru nantinya akan muncul di atas reader Anda untuk feed tertentu.

3. Kata Kunci Industri

Selanjutnya yang akan saya lakukan adalah memantau kata kunci perindustrian. Saya sangat suka dengan Soovle untuk mulai mem-brainstorming ide kata kunci jika Anda tidak punya.

soovle results

Sebagai pengusaha hot sauce, saya yakin punya banyak resep dan akan tertarik pada situs lain yang punya informasi resep (mungkin saya bisa kirimkan resep saya), jadi saya tambahkan intitle:submit pada query kata kunci saya. Jadi query kata kunci saya akan terlihat seperti “hot sauce recipes” intitle:(submit|add|enter).

Hasilnya akan memunculkan halaman dengan query “hot sauce recipes” serta halaman yang terdapat kata-kata “submit”, “add” atau “enter”. Mungkin tidak kelihatan sempurna tetapi bisa dipakai hasilnya untuk memantau.

4. Forum

Menjawab pertanyaan orang di forum adalah cara yang baik untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga mendapatkan sedikit peningkatan SEO. Tidak disarankan melakukan spam di forum. Cobalah memantau pertanyaan orang tentang produk atau jasa industri Anda, menjawab pertanyaan akan membantu mereka dan dalam beberapa kasus dapat mendorong sedikit otoritas situs (dengan signature di forum).

Direkomendasikan menemukan forum industri tertentu yang sangat aktif dimana Anda bisa memfokuskan usaha Anda selayaknya memantau Yahoo! Answer. Anda akan menemukan banyak orang yang akan menuju situs Anda setelah membaca jawaban dan mungkin mereka akan menjadi klien Anda (ini semua bukan tentang rangking #1 di Google).

Untuk Yahoo! Answer saya melakukan query dengan hot sauce sebagai kata kunci dan memilih pertanyaan yang masih terbuka untuk dijawab. Selanjutnya Anda bisa memilih feed RSS.

yahoo rss results

Kedua, say ingin menemukan sebuah forum industri dimana saya bisa benar-benar memberikan nilai balik. Googling topik Anda, misal saya memakai hot sauce. Saya langsung menemukan situs Chow.com, situs yang berdedikasi kepada masakan. Atur Google Alert yang khusus untuk situs ini agar saya bisa memantau blog, resep baru, forum mereka dan masih banyak lagi. Lebih baiknya lagi, ini merupakan Web 2.0 jadi saya punya banyak kesempatan untuk berkomentar pada seluruh situs ini.

Kata kunci Google Alert saya kali ini adalah site:chow.com “hot sauce”. Hasilnya hanya terbatas pada situs chow.com (masih termasuk chowhound.chow.com, forum utama dan sub domain lainnya dari chow.com) dan lakukan pencarian pada situs tersebut dengan “hot sauce”. Subscribe ke alert ini seperti sebelumnya.

5. Backlink

Satu hal di Google yang buruk adalah menampilkan backlink situs. Terima kasih kepada Yahoo yang bagus dalam hal ini. Query linkdomain:contohsitus.com akan memberikan hasil situs yang me-link ke contohsitus.com. Saya akan menggunakan Tabasco.com sebagai contohnya linkdomain:tabasco.com -site:tabasco.com yang akan memberikan hasil semua link yang mengarah ke situs tabasco.com dan tidak menampilkan yang dari halaman tabasco.com (hanya ingin dari yang link luar).

NO COMMENTS

Leave a Reply