Google Android memiliki utilitas backup yang cukup layak. Ia akan meng-update informasi setiap detik jika ada perubahan dan ini merupakan keuntungan bagi pengguna Android selama server mereka tidak mengalami kehilangan data.

Jika Anda tidak sengaja menghapus seluruh kontak, dalam hitungan detik, akun Google Anda akan di-update. Ini bisa menjadi masalah besar, hal ini berlaku untuk aplikasi dan akun lainnya yang pernah disinkronisasi. Bahkan jika hp Android Anda hilang dan Anda menghapusnya menggunakan aplikasi keamanan, seperti Carbonite mobile atau Lookout, data yang terhapus di hp Anda juga akan terhapus di server Google.

Cara Mengembalikan Data Android yang Hilang

backup kontak google

Karena sistem backup Google tersebut, banyak pengguna yang memakai aplikasi pihak ketiga untuk membuat backup informasi mereka. Aplikasi seperti Titanium backup bisa dibilang sempurna untuk mem-backup aplikasi dan informasi aplikasi, tapi kekurangannya adalah backup itu sendiri memakan banyak ruang dan informasi yang baru di hp tidak segera ditambahkan.

Dan juga karena backup ada pada perangkat itu sendiri, dalam kasus penghapusan total, semua informasi secara permanen akan dihapus.

restore backup kontak google

Tapi Google telah memikirkannya juga dan dengan sedikit kecerdikan, Anda dapat mengembalikan kontak seperti belum pernah terjadi apa-apa sebelumnya. Hal ini dimungkinkan karena Google menyimpan beberapa catatan dari informasi Anda di beberapa kondisi dan jika ada sesuatu yang terjadi, Anda dapat mengembalikan ke keadaan sebelumnya. Meskipun mengembalikan data secara lengkap tidak ada jaminannya, cara ini dapat memberikan Anda dengan beberapa informasi yang telah dihapus.

Untuk mengembalikan kontak Google, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke akun Gmail, masukkan kontak Anda dan di bawah “More”, Anda akan menemukan pilihan yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan kontak ke keadaan sebelumnya. Dengan mengklik “Restore Contacts”, sebuah jendela akan terbuka yang meminta Anda dari kapan Anda ingin mengembalikan kontak dan Anda dapat memilih pilihan 30 hari. Setelah memilih waktu pemulihannya, Anda dapat mengklik “Restore” dan kontak Anda dari waktu tersebut akan dimuat pada akun Gmail dan mereka akan disinkronkan dengan perangkat Android Anda dalam beberapa detik.

restore backup data informasi googleUntuk mengembalikan setting dan informasi lainnya, sebelumnya Anda sudah mengaktifkan fitur backup dari perangkat Android. Buka menu “Settings” > “Backup and Restore ” dan cek “Back up my data” dan “Automatic Restore”. Hal ini akan memastikan bahwa jika Anda menghapus sebuah aplikasi atau beberapa aplikasi, informasi mereka sudah dihapus, namun salinannya disimpan pada akun Google Anda.

Ketika Anda menginstal ulang aplikasi yang sudah dihapus, informasi yang tersimpan di server Google akan didownload dan ditambahkan ke dalam aplikasi tersebut, hal ini hanya akan terjadi jika Anda memberi tanda centang pada “Automatic Restore”, tapi sekali lagi, integritas data tidak dijamin dan beberapa informasi mungkin hilang dalam proses, tapi masih lebih baik daripada tidak sama sekali ;)

Meskipun tidak sempurna, metode ini akan memungkinkan Anda untuk membuat backup data pada perangkat Android . Karena Google membuat salinan data secara teratur, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan kehilangan apa-apa. Sistem ini pasti akan menjadi lebih baik dengan waktu, dan jika kualitas layanan ini Google telah pemikiran manusia kita sesuatu, itu adalah bahwa mereka ingin menyempurnakan layanan mereka dan membuat mereka yang terbaik.

Incoming search terms:

I'm an enthusiast in new technologies and improvement in the IT field especially web. In addition I'm a fan of football and SEO. I love good foods, doing sports, watching movies, listening musics, travelling, online business and surfing internet.

1 COMMENT

Leave a Reply