Cara Setup CakePHP 3.0 Di Linux

Cara Setup CakePHP 3.0 Di Linux

0 113
instalasi cakephp 3 berhasil
instalasi cakephp 3 berhasil

CakePHP adalah framework PHP yang dipakai untuk membangun aplikasi web secara cepat. Saat ini CakePHP sudah merilis versi terbarunya yaitu 3.X dengan berbagai perubahan untuk kecepatan dan keamanan yang lebih baik. Artikel ini akan membantu kamu dalam men-setup CakePHP 3.0 di sistem berbasis Linux.

Requirement

  • PHP 5.4.16 atau yang lebih tinggi
  • PHP mbstring extension
  • PHP intl extension
  • MySQL (5.1.10 atau yang lebih tinggi)

1. Instalasi LAMP Server

LAMP adalah singkatan untuk Linux, Apache, MySQL dan PHP. Gunakan perintah di bawah ini untuk men-setup LAMP pada sistem Linux kamu.

2. Instalasi Composer

Sekarang CakePHP sudah mendukung composer untuk mengelola dependencies. Jadi pertama kali kita perlu menginstal Composer dengan menjalakan perintah berikut ini.

3. Membuat Aplikasi CakePHP

Setelah menginstal composer di komputer Linux kamu. Saat kita akan membuat projek CakePHP yang diberi nama “MyApp” menggunakan composer dengan perintah berikut ini.

Lalu saatnya kita akan mengeset hak akses untuk file projek. Untuk pengguna CentOS, Apache berjalan dengan user “apache” dan untuk Debian, Apache berjalan dengan user “www-data”. Mari kita ubah kepemilikan filenya.

4. Setup Database CakePHP

Pada artikel ini kami menggunakan MySQL sebagai server database. Pertama, jalankan perintah berikut ini untuk membuat database MySQL.

Sekarang edit file konfigurasi di config/app.php dan cari setingan database kamu. Ubah sesuai informasi database kamu.

5. Setup Web Server Virtual Host

Sekarang waktunya untuk membuat virtual host di Apache. Edit file konfigurasi Apache kamu atau membuat file terpisah, mana yang cocok dan mudah bagi kamu.

6. Verifikasi Setup

Setelah membuat semua konfigurasi di atas, mari kita restart server Apache menggunakan perintah berikut ini.

Sekarang, coba kamu akses website tadi, misalnya cakephp.teknohere.com sesuai dengan yang kamu konfigurasikan ServerName. Hasilnya akan terlihat seperti screenshot di bawah ini jika sukses. instalasi cakephp 3 berhasil

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply