Google Disavow Links Untuk Membersihkan Backlink Buruk

Google Disavow Links Untuk Membersihkan Backlink Buruk

2 430
google disavow link tool

Sekarang Google Disavow Links Tool yang baru memungkinkan seorang webmaster untuk membersihkan backlink buruk dan mendapatkan profil backlink yang bebas spam. Setelah serangkaian Google Panda dan Google Penguin menyerang banyak situs, permainan SEO dan cara membuat backlink menjadi berubah. Banyak webmaster mengetahui profil backlink mereka yang buruk dan ingin menghapus backlink yang buruk, yang dibuat dengan cara paid link atau tukeran link atau kegiatan membeli link yang mencurigakan lainnya.

Google mengenali masalah ini dan ingin membantu webmaster yang ingin membersihkan profil backlink mereka dan menaikkan kembali di peringkatnya di hasil pencarian search engine Google. Tapi kebanyakan webmaster tidak dapat menghapus backlink tersebut dengan mudah. Jadi seperti toolnya Bing, yaitu Bing Disavow Tool, sekarang Google punya tool seperti itu yaitu Google Disavow Links Tool yang memungkinkan webmaster untuk menginformasikan kepada Google dalam mengabaikan backlink tertentu dan menaikkan kembali peringkat situs web mereka setelah melakukan permintaan peninjauan kembali.

Google Disavow Links Tool

Tonton penjelasan Matt Cutts tentang Google Disavow Links Tool pada video di bawah ini.

Perhatikan bahwa pada video tersebut Matt Cutts berulang kali menyebutkan bahwa tool tersebut tidak diperlukan untuk kebanyakan webmaster dan pemilik situs karena algoritma Google cukup cerdas untuk mengenali dan memahami backlink yang sangat baik. Dia menunjukkan bahwa tool tersebut mungkin berguna untuk beberapa orang yang mendapatkan peringatan backlink yang tidak natural dan terlibat dalam tukeran link serta kegiatan membeli backlink – namun penggunaannya hanya disarankan ketika semua cara lainnya gagal untuk menghapus backlink. Ini adalah tool yang powerful dan jika menggunakannya dengan cara yang salah bisa membuat peringkat situs Anda menurun di hasil pencarian Google.

Kami tahu ada banyak pemilik situs yang telah terlibat dalam guest blogging dengan menyewa perusahaan SEO untuk menulis artikel dan mempostingnya di blog berperingkat tinggi untuk menghasilkan backlink. Sementara Google telah merilis beberapa sudut pandang resmi tentang guest blogging, ada risiko hukuman Google bagi situs guest blogging yang mengkonversi ke arsip artikel yang berkualitas rendah.

Lalu ada desainer tema WordPress yang membuat tema WordPress yang keren, yang dapat didownload dan digunakan oleh situs spam berkualitas rendah dan peringkat situs spam tersebut dapat merugikan situs pembuat tema WordPress yang terdapat pada kredit link footer di situs spam. Dengan Google Disavow Links Tool berguna untuk menghapus semua backlink tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Disavow Links Tool

Buka halaman Google Disavow Links Tool, pilih nama domain Anda dan klik tombol “DISAVOW LINKS”.

google disavow link tool

Lalu Anda dapat meng-upload file yang berisi link yang ingin diingkari. Setelah itu Anda perlu meng-upload sebuah file teks yang berisi informasi tentang yang link yang ingin dihapus. Cukup tambahkan satu URL per baris.

Untuk mengingkari semua halaman pada nama domain, gunakan ini:

domain: bad-domain.com

Untuk mengingkari halaman tertentu pada nama domain, gunakan:

http://www.bad-domain.com/page1.html

Selama beberapa minggu ke depan, Google akan meng-crawl ulang link tersebut dan memperbarui peringkat mesin pencari mereka. Google memperingatkan bahwa hal ini mungkin sulit dan memakan waktu yang lama untuk mendapatkan backlink tersebut pada profil situs Anda. Jadi berhati-hati dan ketahui apa yang Anda lakukan saat menggunakan Google Disavow Links Tool ini.

2 COMMENTS

Leave a Reply