Membuat Windows 8 Recovery Drive di Flashdisk

Membuat Windows 8 Recovery Drive di Flashdisk

0 828
recovery windows 8

Kemarin, Anda sudah tahu bagaimana memunculkan menu booting di Windows 8 menggunakan berbagai cara. 2 cara dipakai saat Windows 8 berhasil dimuat dan satunya lagi Windows 8 secara otomatis akan menampilkan pilihan recovery jika Windows 8 ada masalah saat di-load.

Tapi bagaimana jika pilihan recovery itu tidak muncul secara otomatis ketika Windows 8 bermasalah saat di-load?. Anda akan sangat beruntung jika punya disk perbaikan sistem (CD) atau recovery drive di flashdisk.

Pada artikel ini akan diberikan langkah-langkah untuk membuat recovery drive pada flashdisk sehingga membantu Anda jika suatu saat pilihan booting gagal ditampilkan. Catatan: Jika Anda sebelumnya belum punya recovery drive, Anda bisa membuatnya pada komputer lain yang menggunakan Windows 8 lalu menggunakannya di komputer Anda yang rusak.

Pemulihan Sistem Windows 8 di Flashdisk

Untuk memulainya, buka Control Panel dan klik “Recovery”. Anda mungkin perlu mengganti ke tampilan ikon besar atau kecil untuk melihatnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

recovery windows 8

Lalu klik pada “Create a recovery drive”.

recovery drive

Recovery wizard akan muncul dan jika komputer Anda sudah punya partisi recovery bawaan, Anda akan punya pilihan untuk mencentang kotak di bagian bawah yang akan menyalin isi partisi ke flashdisk.

partisi recovery

Klik Next dan secara otomatis komputer akan mencari semua drive yang tersedia yang bisa dipakai untuk pembuatan recovery drive. Pilih drive flashdisk Anda dan klik Next.

usb recovery drive

Windows akan memberitahu Anda bahwa semua yang ada di dalam flashdisk akan dihapus, jadi pastikan untuk membackup data sebelum melakukan ini.

back up data

Sekarang klik tombol “Create” untuk memulai proses pembuatan. Windows akan menyalin utilitas yang sesuai ke flashdisk.

windows recovery drive

Proses ini memakan waktu hanya beberapa menit dan setelah selesai, sekarang Anda sudah punya sistem pemulihan di flashdisk yang bisa di-boot saat komputer mengalami crash.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply