Meningkatkan Daya Tahan Baterai Mouse Wireless

Meningkatkan Daya Tahan Baterai Mouse Wireless

0 2263
mouse wireless

Meningkatkan Daya Tahan Baterai Mouse Wireless – Ada tombol on/off kecil di bagian bawah mouse wireless Anda yang bisa digunakan untuk mematikan mouse wireless saat sedang tidak digunakan. Mouse wireless Anda mungkin akan menghabiskan banyak energi baterai jika sedang tidak dipakai sedangkan mouse tersebut bukan merupakan salah satu model mouse wireless terbaru yang secara otomatis bisa mati jika tidak digunakan dalam waktu tertentu.

Masalahnya adalah bagaimana Anda mengingat bahwa Anda harus mematikan mouse wireless (dan keyboard wireless) ketika Anda selesai menggunakannya?

Salah satu pilihannya adalah Anda menggunakan Windows Task Scheduler atau Group Policy Editor untuk menampilkan pesan pengingat di layar setiap kali Anda log off atau mematikan komputer. Cara tersebut sedikit tidak mudah dan membutuhkan banyak langkah.

mouse wireless

Tenang saja, ada pilihan yang lebih sederhana lagi. Anda dapat mengubah suara default “System Shutdown” dan “System Logoff” menjadi pesan suara yang mengingatkan Anda untuk mematikan mouse sebelum Anda meninggalkan komputer. Ini adalah contoh suaranya (file .wav) yang dibuat dengan Listen.

Buka Control Panel di Windows dan cari kata-kata Change System Sounds. Pilih event Exit Windows dan cari file .wav yang ingin Anda pakai sebagai suara default untuk event tersebut. Lakukan hal yang sama pada event “Windows Logoff” dan Anda tidak akan pernah lupa mematikan mouse wireless lagi.

windows system sound

Meningkatkan Daya Tahan Baterai Mouse Wireless Anda

Berbicara soal daya tahan baterai, berikut adalah beberapa tips tambahan dari Logitech yang dapat meningkatkan daya tahan baterai mouse wireless Anda.

  • Gunakan mouse pad yang berwarna terang. Walaupun mouse wireless Anda dapat bekerja dengan baik di meja granit yang hitam atau bahkan permukaan yang transparan seperti kaca, sebaiknya dihindari karena menyebabkan sensor pelacakan pada mouse wireless menggunakan banyak daya.
  • Mouse wireless Anda berhubungan dengan nano receiver yang dicolokkan ke port USB komputer. Pastikan USB receiver dengan mouse jaraknya berdekatan.
  • Untuk hasil yang terbaik, ganti kedua baterai secara bersamaan dan hindari pencampuran merek baterai. Logitech menyarankan menggunakan baterai alkaline karena baterai tersebut beroperasi pada tegangan yang rendah dan secara negatif dapat mempengaruhi daya tahan baterai mouse wireless Anda.
  • Matikan mouse secara manual ketika Anda bepergian. Walaupun mouse wireless bisa dalam keadaan sleep atau stand by ketika tidak digunakan, tetapi mereka akan hidup kembali ketika mereka tergeser di dalam tas Anda dan ini akan mengkonsumsi energi baterai.

NO COMMENTS

Leave a Reply