Monmouthpedia: Kota Wikipedia Pertama Di Dunia

Monmouthpedia: Kota Wikipedia Pertama Di Dunia

0 42
monmouthpedia

Monmouthpedia sudah dibuat menjadi kota Wikipedia pertama di dunia, yaitu di Monmouth, Wales. Sebagai bagian dari proyek, seluruh kota mendapatkan Wi-Fi gratis dan setiap tempat penting di kota tersebut, baik itu orangnya, tempatnya, tanamannya dan lain-lain, semua mendapatkan kode QR.

 
 

Kota Wikipedia Pertama

kode QR tersebut adalah tempat di seluruh kota yang memungkinkan pengunjung melakukan scan kode QR dengan mudah dan mendapatkan informasi dari artikel Wikipedia terkait. Sebuah layanan khusus yang disebut QRpedia memungkinkan pengunjung untuk men-scan kode QR di seluruh kota yang nge-link langsung ke artikel Wikipedia dalam bahasa mereka sendiri.

Kode QR adalah cara standarisasi baru untuk menyediakan sejumlah besar informasi, mudah di-scan dengan software scanning kode QR gratis yang banyak di internet dan aplikasi smartphone yang tersedia secara gratis, yang memungkinkan pengguna mobile secara langsung mendapatkan informasi detail dari pemindaian kode dan mengunjungi situs tanpa mengetikkan URL.

Proyek tersebut didukung oleh ratusan kontributor Wikipedia sukarela yang terus menambah artikel Wikipedia dan video pembuatan Monmouthpedia yang memungkinkan. Artikel tersebut punya geotag yang memungkinkan pengguna melakukan touring secara virtual di Monmouth dengan menggunakan layar Wikipedia dari Google Street View.

monmouthpedia

Ini baru permulaan …

Monmouthpedia hanya sebuah konsep prototipe baru yang menyediakan informasi terbaru tentang suatu area dengan bahasa apapun, yang membantu pembuatan kota Wikipedia pertama di dunia. Saya berharap proyek-proyek seperti itu dimulai pada daerah kecil, pasar dan lingkungan kecil yang akan mengubah cara kita menggunakan Wikipedia 😀

NO COMMENTS

Leave a Reply