Mozilla Firefox 4.0 Beta 6

Mozilla Firefox 4.0 Beta 6

4 49

Saya mau main tebak-tebakan nih, ayo berapa versi terbaru dari Mozilla Firefox saat ini? Tau Mozilla Firefox khan 😀 Nah, kalau tau ayo dijawab, yang benar dapet…..dapet apa yah? Dapet jempol aja deh dari saya :thumbup  hehe..Udah deh bercandanya, sekarang waktunya serius nih 🙂

Firefox 4 Beta dibuat berdasarkan pada platform web Gecko 2.0. Firefox saat ini sedang melakukan pemgembangan pada browser barunya, yaitu versi 4 yang masih dalam tahap beta. Pengembangan aplikasi Beta Firefox sekarang sudah sampai yang ke-6 dan sudah bisa di-download untuk dicoba. Meskipun masih beta, Mozilla menganggap browsernya sudah stabil dan aman untuk browsing sehari-hari, paling tidak masih banyak add-ons yang belum kompatibel. Saat ini Firefox masih terus melakukan perbaikan terutama pada GUI-nya (Graphical User Interface) atau tampilan pada antarmukanya, seperti masih adanya bug pada antarmuka tab Firefox yang baru. Pada dasarnya, tidak hanya pada versi beta ke-6 saja Firefox melakukannya tapi juga akan terus melakukan beberapa pengujian untuk desain ulang UI (User Interface) Firefox 4.0.

Pada saat penulis mencoba untuk menggunakan Firefox 4.0 Beta 6, di sana terdapat tampilan tab yang mirip dengan yang ada pada Google Chrome, menu yang berjenjang dan ada juga web console-nya.

Mozilla Firefox 4 Beta

Rencananya, Mozilla akan merilis setidaknya sampai versi beta yang ke-7 pada Firefox 4.0. Mulai dari beta ke-1 sampai beta ke-6, berarti masih tersisa 1 versi beta lagi, yaitu yang ke-7. Karena ini hanya rencana, mungkin saja beta 7 bukanlah beta terakhir dari Firefox 4.0 jika Mozilla mempertimbangkan bahwa generasi berikutnya dari browser open source ini masih perlu meluangkan waktu untuk membuatnya lebih baik.

Mozilla berencana untuk menyelesaikan versi beta tersebut dan akan merilis Firefox 4.0 pada akhir tahun 2010, meskipun batas waktu deadline-nya belum benar-benar diputuskan.

Sebelum artikel ini diakhiri, pastinya pembaca ingin tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Mozilla dibandingkan dengan versi terdahulu. Berikut ini beberapa kelebihan yang ada pada Firefox 4.0 Beta :

  1. Perbaikan terhadap masalah kestabilan pada pengguna Windows.
  2. Perbaikan isu yang menyebabkan kesalahan rendering dengan plugins pada pengguna Mac OS X.
  3. Tersedia dalam 39 bahasa.
  4. Dukungan pada Audio Data API (Application Programming Interface) yang baru.
  5. Akselerasi hardware Direct2D pada Windows 7.
  6. Tombol Firefox yang memiliki tampilan desain seperti Windows Vista dan Windows 7.
  7. Dukungan terhadap protokol keamanan HSTS yang memungkinkan situs dituntut hanya dimuat pada SSL (Secure Sockets Layer).
  8. Adanya Firefox Sync.
  9. Adanya fitur baru yang memberikan pengguna sebuah gambaran visual dari semua tab yang dibuka, yang memungkinkan tab tersebut dapat dipilah dan dikelompokkan.
  10. Adanya API yang membuat animasi Javascript lebih efisien.
  11. Sudah mendukung properti “buffered” video HTML5.
  12. Letak tab di atas (default-nya) pada Windows dan Mac OS X. Untuk Linux bisa diubah sehingga tab-nya ada di atas dengan mengganti tema Firefox yang mendukung tab di atas.
  13. HTML5 parser yang baru dan masih banyak lagi.

System Requirements

Windows

  • OS : Windows 2000/XP/Server 2003/Vista/7.
  • Minimum hardware : Pentium 233 MHz (Rekomendasi: Pentium 500 MHz atau lebih), 64 MB RAM (Rekomendasi: RAM 128 MB atau lebih), kapasitas harddisk 52 MB.

Mac

  • OS : Mac OS X 10.4 atau sesudahnya.
  • Minimum hardware : processor Intel x86, PowerPC G3, G4, G5, RAM 128 MB (Rekomendasi: RAM 256 MB RAM atau lebih), kapasitas harddisk 200 MB.

Linux

Firefox tidak akan berjalan sama sekali tanpa paket library berikut ini :

  • GTK+ 2.10 atau lebih.
  • GLib 2.12 atau lebih.
  • Pango 1.14 atau lebih.
  • X.Org 1.0 atau lebih.

Download Firefox 4.0 Beta 6 untuk Windows di sini.

Download Firefox 4.0 Beta 6 untuk Mac OS X di sini.

Download Firefox 4.0 Beta 6 untuk Linux di sini.

Sumber : http://www.mozilla.com/en-US/firefox/beta

4 COMMENTS

  1. Masalah kecepatan, memang sudah terbukti. Walau masih Beta 6. Untuk addons, biasalah masih belum seluruhnya tersedia untuk versi 4 beta ini.
    Untuk pengguna facebook, saya banyak menemukan bug dalam hal ini. Seperti fungsi notifikasi, dan tombol comment yang belum berfungsi.
    Biasanya setelah tahap beta, Firefox ini akan melangkah ke Release Candidate yang berjenjang, yang pada akhirnya tiba gilirannya Final Release.

Leave a Reply