Peluang Bisnis Kursus Komputer

Peluang Bisnis Kursus Komputer

8 486

Kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat saat ini membuat orang tidak ingin ketinggalan perkembangan sama sekali. Semakin mereka tertinggal dengan teknologi, semakin sedikit kesempatan mereka tersebut dalam memperoleh pendapatan, baik sebagai karyawan maupun punya bisnis sendiri. Sehingga dengan perkembangan teknologi tersebut secara tidak langsung menuntut kita untuk dapat memakainya, salah satunya adalah pemanfaatan komputer yang sudah tidak asing lagi. Dimana-mana baik di sekolah, di rumah di swalayan, di bandara, di universitas, di rumah sakit, dll komputer sudah menjadi alat penting untuk membantu kegiatan manusia dalam hidupnya. Jadi, belajar komputer sudah seharusnya dilakukan sejak dini.

Dengan adanya program baru pada komputer, seringkali menjadi masalah baru bagi masyarakat. Karena tidak semua orang langsung dapat memakai program yang ada pada komputer, maka keadaan seperti ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru di bidang bisnis komputer, yaitu dengan membuka kursus komputer yang dibutuhkan konsumen.

Konsumen

Target utama konsumen adalah mulai dari kalangan siswa SD sampai SMA (sampai yang sudah lulus) dan juga para mahasiswa.

Cara memulai

Untuk memulai peluang bisnis kursus komputer ini dibutuhkan ruangan yang cukup luas, selain untuk prestise usaha kita, juga agar para pelanggan kita merasa nyaman. Minimal ruangan yang harus disediakan mempunyai luas 120m persegi.

Komputer yang disediakan juga seharusnya mempunyai kualitas yang standar, tidak asal-asalan dan berjumlah minimal 6 buah. Sebagai peralatan pendukung, alat yang harus dibeli adalah kursi, meja komputer, papan whiteboard dan alat tulisnya, AC, dll.

Namun terlepas dari semua fasilitas yang telah disebutkan di atas, hal yang paling dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini adalah keterampilan komputer yang dimiliki pekerja atau tentor yang mengajar.

Hambatan

Orang yang menjalankan bisnis ini cukup banyak, sehingga kita harus bersiap untuk menghadapi persaingan ini.

Kunci Sukses

Sebaiknya  kita menyediakan karyawan (tentor) yang handal, bukan hanya  dalam bidang komputer, tetapi juga dalam bidang komunikasi. Ini sangat penting, karena jika tidak bisa berkomunikasi dengan baik, ilmu yang diberikan tentor tersebut juga tidak akan masuk ke dalam pikiran peserta didik. Hal ini akan mengakibatkan pelanggan merasa sia-sia membuang uang untuk kursus komputer di tempat kita.

Kursus yang bisa kita ditawarkan diantaranya, design grafis, microsoft office, pembuatan website, internet, dll. Akan lebih baik jika tiap jenis kursus mempunyai tempat dan komputer  tersendiri. Tetapi jika kita belum memiliki fasilitas yang mendukung untuk itu, bisa dengan satu ruangan saja, hanya dengan waktu yang berbeda.

Tidak lupa promosi yang gencar dan kelengkapan fasilitas (termasuk modul) bagi siswa serta kenyamanan ruangan adalah faktor lain yang bisa mendukung perjalanan bisnis ini selanjutnya.

Sumber: http://bisnisukm.com/peluang-bisnis-cerdas-kursus-komputer.html

8 COMMENTS

  1. lw sprti tU…
    sya juga ni berniat tUk membuka usha ni…
    tp da ga komputer yg hrganya kurang dri 1.500.000 ..?
    :travel

  2. wah kayanya enak juga kali ya, kalo bisa buka bisnis sendiri jadi kita bisa mandiri gitu gak ketergantungan buat nyari kerja lagi, salam kenal ya bro by: kursus website, makasih, dan semoga saya anda dan semua orang bisa menjadi mandiri

Leave a Reply