Perbandingan 5 Layanan Backup WordPress Yang Top

Perbandingan 5 Layanan Backup WordPress Yang Top

2 54
Layanan Backup WordPress

Apa layanan backup WordPress yang terbaik? WordPress adalah sebuah CMS gratis yang seringkali dipakai untuk pembuatan blog, didukung oleh PHP dan MySQL. Hari ini, WordPress adalah salah satu CMS open source terkenal yang banyak digunakan di internet.

Plugin backup WordPress memungkinkan pengguna WordPress mem-backup database, file, theme, media blog mereka dan lain-lain untuk mencegah kerusakan pada penyimpanan, hacker dan kesalahan lainnya. Di bawah ini daftar perbandingan dari beberapa layanan backup WordPress yang berbeda-beda.

Layanan Backup WordPress

[styled_table]

NamaHargaBackup Semua File WebsitePenyimpananFitur Lainnya
Perbandingan Layanan Backup WordPress
BlogVault$9 – $99 / bulanYaServer Amazon S3Restore mudah pakai skrip, trial restore, backup otomatis
WP-DB ManagerGratisTidak (hanya database)Email backup, penyimpanan lokalMemperbaiki/mengelola database, backup otomatis
WP DB BackupGratisTidak (hanya database)Email backup, penyimpanan lokal
Automatic WordPress BackupGratisYaAmazon S3 (perlu punya akun, layanan ini tidak menyediakan)Backup otomatis, hanya linux
BackupBuddy$47 – $197 / tahunYaEmail backup, FTP backupInstal WordPress melalui plugin, backup otomatis, restore dengan skrip, terintegrasi dengan Dropbox

[/styled_table]

1. BlogVault

BlogVault adalah layanan backup WordPress berbayar yang mem-backup semua blog (database, plugin, theme, gambar, media, komentar dan lain-lain). Proses backup-nya otomatis dan datanya akan disimpan di server Amazon S3. Harga layanan BlogVault antara $9 – $99 per bulan terngantung pada ukuran dan jumlah situs yang di-backup.

Fitur yang ditawarkan seperti backup otomatis, bisa dipakai untuk banyak blog, full restore (melalui skrip) pindah/migrasi blog dan trial restore. Selain itu, proses backup selain database hanya yang backup file yang baru atau yang sudah dimodifikasi untuk mengurangi beban di situs.

2. WP-DB Manager

WP-DB Manager adalah plugin WordPress yang populer untuk mem-backup database. Plugin ini tidak hanya sekedar untuk backup tetapi bisa dipakai untuk repair, hapus, backup manual dan backup otomatis datasabase. Namun, plugin ini tidak bisa mem-backup file WordPress, theme dan hanya database yang bisa. Selain itu, restore harus dilakukan dengan menggunakan tool MySQL.

 Layanan Backup WordPress

3. WP-DB Backup

WP-DB Backup adalah plugin backup WordPress yang mirip dengan WP-DB Manager tanpa fitur manajemen database. Plugin ini menawarkan jadwal backup database yang otomatis. Plugin ini bisa mengirimkan backup ke email atau hanya ke penyimpanan lokal. Seperti plugin WP-DB Manager, plugin ini tidak bisa mem-backup semua isi blog dan proses restore dilakukan secara manual.

4. Automatic WordPress Backup

Automatic WordPress Backup bisa mem-backup database, theme, plugin, media dan lain-lain. Proses backup-nya otomatis atau bisa juga manual dan hasilnya akan disimpan di penyimpanan Amazon S3. Akun penyimpanan Amazon S3 diperlukan untuk menggunakan plugin ini. Tetapi plugin ini tidak menyediakan fitur restore apapun dan hanya bisa di Linux (tidak mendukung Windows).

5. BackupBuddy

BackupBuddy menawarkan backup situs yang lengkap, termasuk theme, plugin, media dan lain-lain. Admin bisa menggunakan pilihan backup otomatis untuk mengatur proses backup secara periodik. Hasil backup bisa dikirim ke alamat email, FTP atau penyimpanan lokal. Pilihan harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari $47 sampai $197 per tahun. Plugin ini menyediakan fitur restore yang bisa melakukan migrasi atau perpindahan blog secara otomatis.

Sebenarnya banyak plugin WordPress lainnya di luar sana untuk backup, tetapi hanya beberapa plugin yang menjadi populer seperti di atas ini. Bagaimana pengalaman Anda menggunakan plugin WordPress backup? Bagikan cerita Anda di bawah ini 😉

2 COMMENTS

Leave a Reply