Blogging Resources

Blogging Resources

Berikut ini koleksi sumber daya blogging kami yang mungkin dapat digunakan oleh para blogger dalam memilih software, theme, hosting, nama domain blog dan lain-lain dalam membantu peningkatan blog Anda. Silahkan duduk santai sambil menikmati snack dan minuman Anda serta mulai cek resource di bawah ini 😉

Blogging Software

  • WordPress.org – cara terbaik untuk memulai sebuah blog profesional. Ini adalah software blog yang paling ampuh dengan segudang fitur yang dimiliki. Untuk memulainya, Anda butuh nama domain dan hosting. Sudah banyak hosting yang menyediakan auto installer untuk WordPress Anda, seperti Softaculous atau Fantastico. Jadi Anda tidak perlu lagi untuk men-download software WordPress dan meng-uploadnya ke server. Blog teknohere.com ini juga didukung oleh WordPress dan sangat direkomendasikan.
  • WordPress.com – Ini adalah alternatif lainnya jika tidak ingin menggunakan yang WordPress.org. Anda tidak perlu beli hosting atau nama domain karena Anda cukup mendaftar di WordPress.com dan memilih domain yang diinginkan, maka alamat blog Anda akan seperti ini: namadomainanda.wordpress.com. Tetapi ada keterbatasan jika menggunakan yang WordPress.com, seperti tidak boleh sponsor atau paid review, keterbatasan dalam mengubah tema, tidak bisa upload plugin, tidak bisa melakukan tweak kode WP, melanggar TOS akan dibanned akunnya dan lain-lain.
  • Blogger – ini adalah tool blogging gratis milik Om Google yang merupakan cara termudah untuk memulai sebuah blog. Blogger memiliki tool blogging yang ampuh dan pilihan untuk mengembangkan sebuah blog dengan penuh fitur tanpa banyak pilihan coding. Anda akan mendapatkan alamat blog seperti namadomainanda.blospot.com dan Anda juga bisa mengubahnya menjadi namadomainanda.com atau lainnya dengan melakukan beberapa pengaturan yang diperlukan. Pertama kali saya nge-blog, saya menggunakan Blogger dan sampai sekarang Blogger masih banyak diminati oleh banyak orang.
  • Tumblr dan Postereous – adalah pilihan yang cepat dan sederhana lainnya untuk memulai sebuah blog. Fitur yang dimiliki tidak sekuat Blogger, tapi dengan Tumblr dan Postereous merupakan cara tercepat untuk memulai sebuah blog, photoblog atau moblog.

WordPress Themes

  • Thesis, StudioPress atau Catalyst adalah theme berbayar yang menawarkan nilai lebih dalam hal SEO, kustom desain, pilihan theme framework yang menakjubkan dan memudahkan desain blog walaupun pemilik blog tidak punya skill desain atau coding. Semua theme ini menawarkan kemampuan yang unik – pilih mana yang Anda suka.
  • New WP Themes atau FabThemes menyediakan theme WordPress gratis yang bisa digunakan untuk blog Anda.

Desain Logo

  • 99Designs – Mendapatkan logo yang bagus itu penting untuk membuat kehadiran brand yang kuat dan menyampaikan gambaran blog yang profesional. 99Designs menawarkan kontes logo yang dibintangi oleh $295 dimana ratusan desainer bersaing dalam waktu lebih dari seminggu untuk memenangkan sejumlah hadiah. Dengan ini memungkinkan Anda mendapatkan semua pilihan desain yang bisa Anda dapatkan. Dengan feedback dan pilihan yang optimal, Anda bisa mendapatkan sebuah logo yang unik dan profesional.

Nama Domain

Nama domain kepunyaan Anda bisa memberikan kebebasan dalam membuat identitas brand, pindah hosting dan mengendalikan semua resource web Anda. Beli nama domain Anda sendiri dengan harga di bawah $10 (menggunakan kupon atau tidak).

  • GoDaddy – adalah registrar nama domain terbesar di dunia. Ia menawarkan harga domain dengan biaya yang wajar atau terkadang menjadi lebih murah (dengan kupon atau kartu kredit). Blog ini juga menggunakan nama domain yang dibeli di GoDaddy lebih dari 2 tahun.
  • Nama domain yang gratis – Banyak layanan web hosting yang menawarkan domain gratis dengan paket hosting tertentu. Carilah deal seperti ini, akan menghemat kantong saku Anda tentunya.

Web Hosting

Jika Anda memilih menggunakan WordPress.com, Blogger, Tumblr atau Postereous, Anda tidak membutuhkan sebuah hosting. Tapi jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.org, maka Anda memerlukan layanan web hosting yang baik.

  • Hostgator atau Bluehost hosting – mereka adalah tempat hosting yang bagus untuk memulai blog Anda dengan shared hosting. Mereka memiliki layanan 1-clik WordPress install yang akan mempercepat dan mempermudah instalasi WordPress Anda. Bandwidth, disk space dan customer support mereka juga bagus.

Pelacak Traffic Blog

  • Google Analytics – ini adalah tool pelacakan traffic situs yang terbaik, paling akurat dan paling ampuh. Tool ini didukung oleh Google dan gratis.
  • WordPress Stats – ini adalah plugin WordPress yang sederhana namun akurat yang akan memberikan gambaran traffic situs dengan mudah.

SEO

  • Scribe SEO – adalah tool copywriting SEO yang bagus akan membantu Anda menulis artikel yang mendapatkan peringkat tinggi di search engine.
  • Google Webmaster Tools – sebuah web service milik Google untuk digunakan oleh webmasters.
  • W3C Validator – sebuah layanan validasi markup World Wide Web Consortium (W3C).
  • Google Keyword Tool – tool untuk riset keyword.
  • Google SERP Checker – tool untuk mengetahui ranking Google posisi teratas dalam 1000 SERPs.
  • Pingdom Tool– tool untuk mengecek waktu loading semua elemen website.
  • SEMRush – tool untuk riset keyword, keyword Adwords, kompetitor an estimasi traffic search engine serta Adwords.

Email Marketing

  • Aweber – adalah tool list building dan email marketing terbaik di internet. Mulai dari membuat form pendaftaran profesional, mendesain newsletter, aweber akan membantu untuk membangun daftar email Anda untuk marketing dan membangun brand.

Make Money Online dengan Program Periklanan

  • Google Adsense (PPC) – Menawarkan iklan Pay Per Click (PPC) terbaik untuk mendapatkan uang hanya dengan menambahkan baris kode. Adsense juga bisa digunakan pada situs kecil karena Anda dapat mendapatkan uang secara online dari apa pun walaupun hanya punya sedikit traffic. Adsense memiliki aturan yang sangat ketat dan Anda harus mengikuti mereka untuk tetap bisa menggunakan program periklanan mereka.
  • Chitika (PPC) – adalah program iklan PPC lainnya yang menampilkan gambar produk selain link produk dan mendapatkan CTR yang tinggi. Sekarang mereka punya unit Chitika Premium yang menampilkan iklan bertarget pencarian dan memiliki minat pengguna yang baik. Chitika merupakan alternatif Google Adsense yang baik untuk dicoba.
  • Buy Sell Ads (CPM) – layanan ini memungkinkan penempatan banner dengan ukuran tertentu pada blog Anda. Pilih dari marketplace dan tetapkan biaya iklan berdasarkan pageview Anda. Mereka juga menyediakan iklan RSS.
  • Amazon.com (Affiliate) – Menjual produk seperti gadget, musik, software dan lain-lain serta bisa mendapatkan komisi dari barang yang dibantu untuk dijual. Jika Anda menjalankan situs berorientasi produk, memberikan link embed Amazon akan memudahkan Anda mendapatkan uang dari komisi yang diberikan.
  • Postlinks – Tempatnya jual beli link.

Tool Lainnya

  • CrankyAds – plugin WordPress gratis untuk mengelola iklan.