Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part II

Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part II

0 55

Pada part I anda telah menyeleksi dan memberi nama setiap bagian dari model Po. Pada tutorial ini kita akan menentukan pemetaan yang tepat pada setiap objek. Contohnya bagian kepala cocok dengan jenis pemetaan bola dan lengan cocok jika memakai pemetaan silinder. Langsung saja yach.

1. Pastikan seleksi Face dalam keadaan aktif pada Unwrap UVW. Pada Named Selection Sets, pilih kepala. Semua bagian di kepala terseleksi. Pada rollout Map Parameters, klik Spherical. Selanjutnya klik Align Z untuk orientasi pemetaannya. Jangan lupa pada Normalize map di-unceklis.

kungfu panda texturing

2. Ulangi prosedur di atas dengan bagian model yang lainnya. Lihat tabel di bawah ini. Nb: beberapa mapping perlu disetting. seperti ekor, telinga kiri dan kanan. Hanya merotasikan Gizmo agar pas dengan wajah yang terseleksi. Lihat gambar di bawah sebagai acuan.

Named faces Mapping Type Orientation
bodySphericalAlign Z
headSphericalAlign Z
arm left / arm rightCylindricalAlign X
leg left / leg rightCylindricalBest Align
tailCylindrivalBest Align + Rotate Gizmo
sole left / sole rightPlanarAlign Z
palm left / palm rightPlanarAlign Z
briefsSphericalAlign X
foot left / foot rightPlanarBest Align
ear left / ear rightCylindricalBest Align + Rotate Gizmo

3. Pada rollout Parameters, klik tombol Edit. Jendela Edit UVWs akan muncul. Klik tombol Zoom Extents di sudut kanan. Sekarang anda bisa melihat semua permukaan.

4. Seleksi semua permukaan tersebut. Lalu Scale ke bawah untuk membuatnya lebih kecil. Dan geser mendekati persegi panjang biru. Anda perlu men-scale semua permukaan beberapa kali sebelum mereka cukup kecil pas dengan persegi panjang tersebut. Agar anda bisa melihat persegi panjang biru itu dengan jelas, klik Options > Advanced Options. Pada jendela yang muncul, hilangkan ceklis Show grid and Tile Bitmap. Anda juga bisa menonaktifkan tombol Show Map.

5. Gunakan Named Selection Sets 1x lagi untuk menyeleksi setiap bagian model. Geser dan atur tapi tetap di dalam persegi panjang biru tersebut.

Kungfu Panda Tahap Texturing     Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

NO COMMENTS

Leave a Reply