Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part IV

Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part IV

0 51
Setelah membuat dan memperbaiki faces yang di-unwrap pada tutorial sebelumnya, kita siap untuk membuat template tekstur.
1. Pada jendela Edit UVWs, pilih Tools > Render UVW Template. Masukkan ukuran tekstur. Contoh saya menggunakan 512×512 pixel. Lalu klik tombol Render UV Template. Anda bisa save template tekstur menjadi file gambar bitmap.

kungfu panda texturing

2. Buka gambar yang di-save pada software editing gambar anda, seperti Photoshop. Gambar tekstur berdasarkan gambar yang anda save. Gambar di bawah ini menunjukkan tekstur yang kasar yang saya buat berdasarkan template.

3. Kembali ke 3DS Max. Buka Material Editor. Ada 1 material yang dipakai pada model Po. Jangan lupa anda menggunakan material ini ketika proses modeling. Pilih material ini. Klik tombol Show Map untuk membuat material yang dipakai muncul di viewport. Pada Blinn Basic Parameters, klik tombol kecil di sebelah kanan Diffuse. Pada Material/Map Browser pilih bitmap, lalu pilih gambar tekstur yang anda buat sebelumnya. Jika suda, tutup Material Editor.
4. Sekarang gunakan Turbosmooth lalu di-render. Gambar di bawah ini adalah contoh dari hasil render. Gimana, bagus nggak?
Kungfu Panda Tahap Texturing     Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

NO COMMENTS

Leave a Reply