5 Tips Mengamankan Akun Google Anda

5 Tips Mengamankan Akun Google Anda

0 95
verifikasi google

Akun Google Anda mungkin me-link dengan banyak layanan Google yang digunakan. Layanan ini bisa seperti akun YouTube, Google Plus atau akun Google Checkout yang digunakan untuk membeli barang secara online. Jadi, perlu memaksimalkan keamanan akun Google Anda dengan mengkonfigurasi beberapa pengaturan dan mengambil beberapa tindakan lainnya, untuk meminimalkan risiko dari hacking. Berikut adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk menambah keamanan ke akun Google.

1. Setting Pemulihan Akun

Pemulihan akun bisa sangat berharga ketika Anda lupa password, tetapi akan lebih berharga lagi jika akun Anda sudah di-hack dan Anda ingin mendapatkan akun itu kembali. Untuk melakukan pemulihan akun, buka www.google.com/settings dan login ke dalam akun Anda. Lalu klik pada pilihan “Security”.

akun google

Lalu pilih opsi Account recovery options.

Account recovery options

Google kemudian akan mengarahkan Anda ke homepage pemulihan akun, di mana Anda dapat menambahkan nomor telepon untuk tujuan pemulihan atau alamat email alternatif yang dapat digunakan untuk memverifikasi akun, baik ketika sedang di-hack atau sudah di-hack.

halaman Google Account Recovery

2. Aktifkan “2-step verification”

Dengan mengaktifkan “2-step verification” pada akun Google, Anda menambahkan lapisan tambahan keamanan. Dengan verifikasi yang sudah diaktifkan, setiap kali akun Google yang diakses dari komputer yang tidak dikenal, saat login akan ada beberapa langkah tambahan yang perlu dipenuhi atau langkah kedua agar Anda berhasil login (dengan klik link konfirmasi pada pesan email yang dikirimkan dari Google).

Untuk melakukan “2-step verification”, buka www.google.com/settings/security dan pilih tombol Edit di samping 2-step verification.

2-step verification

Lalu Google akan meminta Anda untuk mengaktifkan 2-step verification dan men-setting ponsel Anda.

verifikasi google

Catatan: Anda tidak perlu memasukkan kode dari ponsel Anda setiap kali akan masuk ke Google. Anda akan diminta untuk memasukkan pin ketika akun Google Anda diakses dari komputer, lokasi atau alamat IP yang tidak dikenal.

3. Mengaktifkan “Application Specific Passwords”

Mengakses akun Google Anda dari browser web di komputer akan sedikit berbeda dengan mengakses akun dari perangkat lain seperti smartphone. Dengan membuat Application Specific Passwords, Anda dapat membuat password login unik untuk aplikasi dan perangkat, dimana password ini akan berbeda dari password standar Google yang Anda gunakan saat login di komputer.

Contohnya, jika Application Specific Passwords diaktifkan, saat Anda mengakses Google dari smartphone, Anda akan masuk ke akun Google dengan menggunakan password tertentu, bukan password yang biasa digunakan.

Anda dapat mengaktifkan Application Specific Passwords dengan mengunjungi halaman www.google.com/settings/security melalui link “Authorizing applications and sites”.

App specific passwords

4. Gunakan Password yang Kuat

Mungkin Anda sudah tahu untuk mengamankan suatu akun memerlukan password yang kuat, tetapi karena akun Google me-link dengan layanan lain yang Anda gunakan, termasuk Gmail, disarankan menggunakan password yang kuat untuk akun utama Google Anda.

Jika saat ini Anda menggunakan password dari kata-kata kamus, artinya setiap kata secara EYD itu benar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengubahnya untuk keamanan yang lebih baik terhadap serangan dictionary dan brute force.

Sandi yang kuat akan terlihat tidak masuk akal, menggunakan karakter huruf kapital dan kecil serta karakter numerik dan simbol lainnya. Sebagai contoh:

OtT2359%$8*#^:)

Password yang kuat seperti di atas lebih sulit untuk diingat, tapi ini penting untuk keamanan yang kuat.

5. Menggunakan HTTPS

HTTPS adalah koneksi yang lebih aman dibandingkan dengan HTTP standar, yang dikhususkan untuk perlindungan yang lebih baik dan mengamankan transfer data secara online. Anda dapat men-setting HTTPS untuk akun Gmail Anda dengan langkah berikut ini:

setting google https

Dengan men-setting 5 pilihan keamanan yang disebuatkan satu persatu di atas, Anda dapat menambahkan beberapa lapisan tambahan keamanan untuk akun Google Anda, untuk meminimalkan risiko di-hack, serangan malware atau bruto force. Selamat mencoba dan nantikan tips-tips kami berikutnya, stay tuned 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply