7 Tips Cepat Memulai Sebuah Blog

7 Tips Cepat Memulai Sebuah Blog

0 23

Sebuah pertanyaan di dalam pikiran banyak orang saat ini adalah bagaimana memulai sebuah blog. Blogging mengacu pada tren posting online dari weblog saat ini. Jutaan orang setiap hari memposting blog. Blogging adalah budaya yang sudah berkembang di banyak negara seperti AS, Inggris bahkan Indonesia.

Mengapa saya perlu nge-blog?

Blog adalah cara terbaik untuk menyebarkan pesan Anda secara online ke dunia, apakah itu informasi pribadi tentang kehidupan Anda yang ingin dibagikan atau mempublikasikan bisnis Anda. Menulis blog adalah sebuah cara yang sederhana namun efektif untuk menyampaikan ide atau pesan Anda di web. Apapun tujuan Anda, berikut ini tips sederhana yang perlu Anda lakukan untuk memulainya.

1. Pilih Platform yang Tepat

Anda dapat memulai blogging dengan Blogger, WordPress, Live journal, TypePad dan lain-lain, yang memberikan akun gratis untuk membuat blog Anda sendiri. Namun, saya sangat menyarankan mendapatkan nama domain yang tepat dan menggunakan WordPress.org (bukan WordPress.com) sehingga Anda akan punya lebih banyak kontrol atas hal itu.

7 Alasan Mengapa Memilih WordPress:

  1. Tidak perlu belajar HTML.
  2. Konten dengan desain terpisah dengan tool manajemen yang mudah.
  3. Membuat halaman yang tidak terbatas.
  4. Pilihan tema gratis yang banyak.
  5. Ramah search engine (bukan ramah lingkungan lho 😀 ).
  6. Bagikan blog Anda dengan sosial media menggunakan plugin.
  7. Tersedia banyak plugin gratis agar blog Anda bisa disulap jadi apapun.

2. Pilih Niche

Walaupun blog pribadi berfungsi sebagai buku harian online tapi kebanyakan blog punya topik niche. Ada blog yang didedikasikan untuk teknologi. Yang lainnya menulis tentang fashion. Ada yang membahas tentang web desain. Anda dapat memilih topik yang cocok dengan diri Anda.

3. Bersabar

Pada poin ini, Anda seharusnya sudah punya postingan di blog Anda. Berteman dengan blogger lain atau pengguna internet lainnya dan perkenalkan blog Anda. Tidak ada gunanya memulai sebuah blog tanpa ada yang membacanya, bukan?

4. Blogging secara Teratur

Jika Anda suka menulis sesuatu, Anda masuk ke blog dan mulai menuliskannya. Google suka dengan blog dan memberikan pertimbangan lebih kepada mereka yang cukup sering meng-update blog. Blog baru perlu membatasi diri pada topik tertentu, dengan melakukan hal itu meningkatkan kemungkinan blog Anda akan diperhatikan dan dibaca oleh orang dengan minat yang sama.

5. Buat Teman Blogger yang Baru

Carilah blog yang sesuai dengan minat Anda dan tinggalkan komentar di posting mereka. Jangan lupa untuk meninggalkan link ke blog Anda sendiri sehingga mereka dapat mengunjungi blog Anda. Akhirnya, Anda akan bertemu dengan sesama blogger dan punya lingkaran komunitas yang lebih besar.

6. Prioritaskan ke Konten

Blog yang baru perlu fokus untuk menarik pembaca mencari konten Anda yang berkualitas dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan aliran konten yang kualitas. Direkomendasikan Anda tidak memasang iklan terlebih dahulu pada beberapa bulan ke depan. Prioritaskan untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

7. Cari Guru WordPress Anda

Setelah Anda belajar menggunakan WordPress, akan menjadi lebih mudah dalam mengelola blog Anda. Dengan mendapatkan guru di WordPress, Anda tidak perlu mengulang kesalahan yang sama saat mulai blogging dengan WordPress. Pengalaman WordPress Anda akan banyak bertambah dalam waktu yang relatif cepat.

Semoga bermanfaat 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply