8 Langkah Membuat Brand Untuk Blog Anda

8 Langkah Membuat Brand Untuk Blog Anda

0 196

Buat brand untuk blog Anda. Kebanyakan pengusaha dan blogger berpendapat bahwa branding hanya berlaku untuk perusahaan besar dengan anggaran yang besar untuk iklan. Dengan adanya internet, usaha kecil tidak perlu berkecil hati dengan perusahaan besar dalam membuat brand dan mempromosikan produk mereka.

Jika Anda tidak membangun brand untuk blog Anda, maka Anda mungkin akan kehilangan banyak pendapatan. Brand bisa menjadi sangat kuat. Untuk membuat brand yang kuat untuk blog Anda sendiri, hanya perlu ikuti 8 langkah sederhana dan cerdas di bawah ini:

blog-brands

1. Pilih Nama Domain yang Fokus pada Niche

Ini adalah langkah pertama dan yang paling penting untuk branding yang kuat. Anda memerlukan nama domain yang berhubungan dengan niche Anda. Banyak blogger menggunakan nama pribadi untuk domain mereka sementara blog mereka tidak bersifat pribadi (seperti blog ini, tapi tujuannya emang bukan untuk branding 😀 ).

Jika Anda ingin sebuah blog menjadi istimewa, pilih nama domain yang unik dan berfokus. Domain yang Anda pilih harus menarik dan mudah diingat oleh pengunjung. Beberapa nama domain yang bagus adalah TokoKomputer.com, BusanaOnline.com, JasaSEO.com dan lain-lain. Pilih nama domain yang fokus pada niche Anda.

2. Gunakan Desain yang Unik

Anda perlu mempunyai desain blog yang unik dan menarik secara visual. Memiliki layout blog yang baik, mudah dinavigasi dan lengkap akan menarik lebih banyak pengunjung ke blog Anda. Desain blog unik adalah unsur yang sangat penting dari sebuah blog.

3. Buat Logo yang Kreatif dan Unik

Setiap blog membutuhkan logo agar pengunjung bisa mengenali sebuah blog dengan blog lainnya. Contoh logo brand perusahaan besar seperti Nike, McDonald dan Adidas. Logo Anda harus mewakili inti dari blog Anda, melambangkan profesionalitas dan otoritas dalam niche. Logo Anda harus menjadi representasi grafis dari niche blog Anda.

4. Judul dan Slogan yang Menarik

Ketika seseorang mengunjungi blog Anda, hal pertama yang mereka lihat adalah header/judul atau slogan Anda. Hal ini sangat diperlukan sehingga header menjadi lebih menarik. Ini harus fokus pada masalah yang dihadapi oleh target pasar Anda dan solusi yang ditawarkan oleh Anda.

5. Halaman “About Us” Anda harus Terperinci

Salah satu halaman pertama yang dikunjungi pengguna pada sebuah blog adalah halaman “About Us”. Pembaca ingin tahu tentang wajah di balik penciptaan, kualitas dan kepribadian blog. Ini berarti halaman About Us sangat penting dalam branding. Halaman About US yang ideal harus berisi visi, misi dan tujuan dari blog Anda.

6. Gaya Penulisan yang Unik dan Pribadi

Gaya tulisan Anda adalah salah satu faktor kunci dalam menentukan identitas blog. Isi yang Anda tulis menjadi alasan mengapa pembaca ingin mengunjungi blog Anda kembali. Anda membutuhkan gaya penulisan yang unik untuk sebuah blog yang kuat.

7. Memiliki Gaya Posting Tertentu

Anda perlu menerapkan taktik yang disebut gaya posting (bukan gaya berenang 😀 ). Anda perlu memutuskan seberapa sering Anda akan mempublikasikan posting – setiap hari, dua kali seminggu, sekali seminggu atau sekali dua minggu. Setelah Anda memilih, tetap berpegang pada keputusan Anda. Hal ini akan memungkinkan  pembaca Anda mengetahui kapan mereka akan membaca artikel berikutnya.

8. Berinteraksi dengan Pembaca Anda secara Unik

Anda perlu punya cara unik untuk berinteraksi dengan pembaca Anda. Tentukan kedekatan hubungan dan frekuensi interaksi yang Anda ingin berbagi dengan pembaca Anda. Apakah Anda ingin berinteraksi melalui blog atau lainnya? Pilih platform Anda lebih suka untuk interaksi, Twitter atau Facebook. Pertimbangkan juga jika Anda membutuhkan media sosial lainnya untuk interaksi.

Anda perlu memahami bahwa untuk menciptakan brand pada sebuah blog bukanlah hal yang akan terjadi dalam waktu singkat. Ini adalah proses bertahap yang akan terjadi lebih dari beberapa tahun. Anda perlu fokus dan konsisten. Cukup lakukan setiap langkah dengan perlahan dan Anda akan mencapai puncak bahkan sebelum Anda menyadarinya.

NO COMMENTS

Leave a Reply