Cara Memantau Uptime Server Di WordPress

Cara Memantau Uptime Server Di WordPress

0 116
setting pingdom status

Apakah menurut Anda situs WordPress tidak pernah down saat Anda tidur? Apa yang akan terjadi jika situs down di tengah malam sedangkan banyak orang yang ingin mengakses situs Anda? Hal ini dapat mempengaruhi reputasi situs. Terkadang situs Anda mungkin down dan up kembali tanpa disadari. Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana memonitor uptime server di WordPress sehingga Anda selalu tahu kapan down dan up.

Apa Maksudnya Memonitor Uptime Server?

Meskipun Anda tidak bisa duduk menatap layar komputer 24 jam sehari untuk mengawasi situs Anda, ada beberapa layanan gratis yang bisa dipakai untuk memantau apakah situs Anda down dan bahkan memberikan beberapa kemungkinan alasan terjadinya downtime.

Apa Pentingnya Memantau Uptime WordPress?

  1. Kebanyakan Downtime Berarti Akan Merugi: Jika situs Anda tetap tidak dapat diakses untuk jangka waktu yang panjang, Anda mungkin akan kehilangan pendapatan.
  2. Pengunjung: pengunjung Anda adalah tamu Anda sehingga tujuannya adalah untuk memberikan informasi atau menghibur mereka dengan konten. Jika situs mengalami down yang terus menerus, bisa-bisa pengunjung akan lari ke situs lain.
  3. Efek Search Engine: Jika situs sering down, maka mesin pencari mungkin menganggap bahwa situs Anda adalah tidak serius dan konsisten. Seringkali mereka melakukan pinalti pada situs-situs yang gagal mempertahankan uptime-nya selama 24/7.

Bagaimana Melakukan Pemantauannya?

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara untuk menggunakan beberapa plugin WordPress yang terus menerus mengecek situs WordPress pada interval waktu tertentu (detik, menit dan jam) dan setiap kali situs down, plugin secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan ke file log di mana semua data direkam di sana.

Plugin WordPress untuk Memantau Uptime Server

Plugin yang kami gunakan adalah Pingdom. Pingdom adalah salah satu raksasa pemantauan situs dengan pengguna yang bereputasi tinggi seperti Microsoft, Amazon, Ericsson, Vodafone dan Siemens. Plugin ini akan terus memantau blog WordPress Anda selama 24/7 dan setiap kali plugin menemui masalah, plugin akan mengirimkan SMS peringatan ke ponsel Anda. Plugin ini juga menawarkan sebuah control panel terpisah yang memungkinkan Anda untuk memonitor situs dari detik ke detik. Untuk menggunakan Pingdom, Anda perlu menggunakan plugin WordPress yang bernama “Pingdom Status for WordPress”.

Langkah pertama, download dan instal plugin Pingdom Status. Anda akan melihat tab di menu admin WordPress yang namanya “Pingdom Status”.

setting pingdom status

Klik di Pingdom Status > General Settings. Jika Anda belum punya akun Pingdom, klik pada “get one for free”. Setelah mengisi username, password dan API key dari Pingdom, Pingdom akan memberikan informasi detail tentang uptime blog WordPress.

statistik pingdom status

TagBeep Uptime Monitor

Ini adalah plugin WordPress yang gratis untuk pemantauan juga meskipun tidak punya fitur yang sebagus Pingdom. Download dan instal “TagBeep Uptime Monitor“. Lalu buka Plugin > TagBeep Uptime.

TagBeep Uptime Monitor

Masukkan email, URL blog dan buat password. Lalu klik tombol “start monitoring this blog!” dan plugin akan mulai memantau uptime blog Anda.

WP Really Simple Health

Ini adalah plugin WordPress yang tidak hanya mengawasi uptime server blog tetapi juga memungkinkan Anda untuk melacak penggunaan memori dan beban CPU. Plugin ini berguna jika Anda menggunakan server VPS, pluginnya juga sangat ringan dan tidak akan mempengaruhi kecepatan situs Anda.

Pertama, download dan instal “WP Really Simple Health“. Lalu buka Settings > WP Really Simple Health.

WP Really Simple Health

Di sini Anda akan melihat beberapa pilihan yang bisa diaktifkan atau tidak dengan memberi ceklis. Di admin bar WordPress, Anda akan melihat informasi yang diberikan plugin ini sesuai dengan yang diceklis tadi.

Tool Monitor Uptime Lainnya

Jika situs Anda tidak berbasis WordPress, Anda masih bisa menggunakan layanan yang serupa dari beberpa provider di bawah ini.

Jika blog Anda punya ruang hard disk yang sedikit atau Anda masih ragu dengan web hosting yang digunakan, maka Anda dapat menggunakan provider tersebut dan mereka tidak akan mengambil apapun dari situs Anda. Sebaliknya, mereka akan menyediakan statistik yang lengkap seperti Google Analytics.

Kesimpulan

Menggunakan tool untuk memantau uptime server semakin diperlukan hari ini agar reputasi dan ranking situs masih baik di mata mesin pencari dan memastikan situs Anda tetap up dalam 24 jam sehari.

NO COMMENTS

Leave a Reply