Cara Memperpendek URL Untuk Twitter

Cara Memperpendek URL Untuk Twitter

10 2319

Pentingkah mengetahui cara memperpendek sebuah url untuk Twitter? Twitter adalah situs microblogging populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat pesan hanya 140 karakter untuk setiap posting, biasanya dikenal sebagai tweet. Pembatasan jumlah karakter ini membuat anda kesulitan jika ingin di dalamnya ada URL yang panjang. Ada banyak website, seperti TinyURL, Cli.gs, Zi.ma, CJB dan Bit.ly yang menyediakan layanan untuk memperpendek sebuah link url secara gratis. Artikel ini hanya membahas panduan menggunakan situs Bit.ly sebagai contoh untuk menunjukkan anda bagaimana memperpendek suatu url untuk twitter.

 

Memperpendek URLCaranya

  1. Buka situs Bit.ly. Di halaman homepage, anda akan melihat kalimat Enter your long link or file here. Di bawah kalimat ini terdapat sebuah kotak isian.
  2. Copy-paste link yang ingin anda pendekkan ke dalam kotak isian tersebut. Lalu klik tombol shorten. Selanjutnya anda akan melihat url pendek baru anda yang dimulai dengan http://bit.ly/ yang muncul di dalam kotak isian di bawah kata-kata your bit.ly link.
  3. Lalu klik tombol copy kemudian paste url versi pendek anda di twitter post. Salah satu kelebihan Bit.ly dibandingkan dengan TinyURL adalah anda bisa merekam statistik dari url pendek yang dihasilkan Bit.ly.

Catatan

  • Cobalah beberapa website yang menyediakan layanan untuk memperpendek url anda kemudian pakai salah satu yang anda sukai.
  • URL yang dipendekkan ini memerlukan link redirection yang mungkin sewaktu-waktu bisa bermasalah.

10 COMMENTS

  1. makasi banyak mas, informasinya sangat membantu… link yang panjang akhirnya jadi pendek juga….

  2. Terima kasih banyak mas akhirnya saya bisa memperpendek URL Blog saya dengan twitter url shortener t.co.
    Informasi yang sangat berguna dan bermanfaat (y) 🙂

Leave a Reply