Cara Optimasi SEO Pada Halaman 404 Error

Cara Optimasi SEO Pada Halaman 404 Error

0 435
404 page not found

“Error 404 – Page not Found” merupakan salah satu jenis halaman web yang paling umum kita lihat saat browsing di internet. Tidak diragukan lagi, halaman tersebut memberikan user experience yang cukup buruk, tapi bagaimana dengan search engine? Apakah halaman error 404 itu buruk untuk SEO? Apakah search engine akan menghukum situs yang terlalu banyak memiliki status halaman error 404? Pada artikel ini, kami akan membahas halaman error 404 dari sisi search engine dan user experience, dan akan merekomendasikan beberapa praktek terbaik yang dapat diikuti untuk meningkatkan kualitas halaman error 404 kamu.

Kebanyakan alasan umum menggunakan halaman error 404

Error 404 dapat terjadi karena beberapa alasan, dan di sini kami akan menjelaskan beberapa yang paling umum:

  • Kamu mengubah permalink atau struktur link dari situs. (Sebagian besar terjadi ketika mengubah desain, atau mengubah permalink).
  • Kamu menghapus konten dari website.
  • Seseorang memberikan backlink ke website kamu dengan link yang salah dieja.

Bila pengguna atau bot search engine ingin membuka sebuah halaman web di server, biasanya web server merespon dengan kode status HTTP yaitu 404 untuk memberitahu tidak ada halaman itu di server. Biasanya bot search engine cerdas, dan mereka tidak peduli dengan halaman error 404 yang banyak muncul. Tapi jika dilihat dari sisi pengguna, ini akan memberikan pengalaman yang buruk, pengguna biasanya membuka halaman sebelumnya lagi dan mengklik link lain. Kerugian lainnya adalah kamu kehilangan link penting yang memberikan backlink dari domain lainnya. Ini bukan sesuatu yang sangat kami khawatirkan, tapi ketika pengguna berada pada website dengan link referral, dan melihat halaman 404, biasanya mereka akan pergi.

Mencari link error 404 dan memperbaikinya untuk Pengguna dan SEO

Sekarang, mari kita mencari tahu apa yang bisa kamu lakukan dengan halaman error 404, dan bagaimana mengambil sebagian keuntungan darinya. Pertama, mari kita mengidentifikasi halaman 404 di situs kamu, dan tempat terbaik untuk memulainya adalah melalui Google Webmaster Tools. Login ke dashboard Google Webmaster Tools kamu > Crawl errors > Not Found.

menemukan halaman error 404
menemukan halaman error 404

Kamu dapat mengklik salah satu link, dan melihat “linked from” untuk mendapatkan ide, darimana halaman tersebut terhubung. Hal ini juga berguna untuk menemukan link juice potensial di halaman 404 situs kamu. Jika kamu menggunakan WordPress, kamu dapat menggunakan plugin redirection untuk memantau dan mengarahkan halaman error 404 ke halaman web lainnya. Sekarang, setelah kamu memiliki list halaman 404 untuk domain kamu, berikut adalah beberapa solusi untuk meningkatkan kualitas halaman 404 kamu:

  • Lakukan redirect 301 ke posting / kategori yang paling relevan. Jika tidak ada artikel atau kategori yang relevan, ikuti langkah berikutnya.
  • Jika error datang karena link yang salah dieja dari domain lainnya, kamu dapat meminta webmaster situs tersebut untuk memperbarui link atau cukup melakukan redirect 301.
  • Jika tidak ada artikel yang relevan di situs kamu yang berhubungan dengan link 404, biarkan tetap 404. Google secara otomatis akan mendeindeks halaman tersebut untuk sementara.
  • Kamu juga bisa melakukan deindeks halaman 404 itu secara manual dari indeks web menggunakan Webmaster removal tool. Tapi, jika kamu memiliki ribuan link halaman 404, kami lebih baik membiarkannya agar dideindeks oleh search engine seperti point 3 di atas.
  • Gunakan halaman kustom 404 untuk meningkatkan kualitas halaman kamu. Kamu dapat menambahkan kotak pencarian, memberikan list artikel yang relevan dengan permintaan pencarian pengguna, atau menunjukkan beberapa artikel paling populer dari situs kamu. Idenya yang terpenting adalah untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Satu hal yang perlu diingat adalah: jika kamu memiliki sebuah situs dengan ribuan halaman error 404, kamu tidak ingin bot search engine membuang waktunya untuk meng-crawl pada halaman tersebut, buatkanlah redirect untuk bot itu atau memblokir bot mengakses halaman itu menggunakan file robots.txt, dan menghapusnya di Google Webmaster Tools.

Halaman 404 bukanlah musuh bagi SEO, tapi bukan ide yang bagus memiliki list halaman 404 yang banyak di situs kamu. Terlebih lagi, perhatian utama kami ada pada pengalaman yang buruk untuk pengalaman pengguna.

Beritahukan kami bagaimana kamu menangani halaman 404 di situs kamu, apakah kamu melakukan redirect atau menampilkan halaman error 404 yang kustom?

NO COMMENTS

Leave a Reply