Cara Transfer Domain Dari Netfirms Ke GoDaddy

Cara Transfer Domain Dari Netfirms Ke GoDaddy

0 114
pending transfer

Netfirms dan GoDaddy adalah registrar domain yang terkenal di internet. GoDaddy ingin menjadi yang #1 di internet dan selalu menjadi pilihan pertama dari pembeli domain karena banyaknya kupon yang tersebar di internet.

GoDaddy menawarkan diskon besar hampir pada sepanjang waktu tetapi mereka juga memberikan diskon selama periode Cyber Monday dan Black Friday setiap tahun. Sekarang saat kami menulis posting ini, mereka menawarkan kupon diskon domain yang menawarkan domain baru .com atau transfer domain hanya sebesar $1,99 dengan kupon: cjc199. Bagi mereka yang memiliki domain terlalu banyak, Goodaddy dapat menjadi penolong. Karena GoDaddy menawarkan biaya perpanjangan yang murah.

Kembali ke topik semula, berikut ini cara melakukan transfer domain dari NetFirms ke GoDaddy. Untuk setiap kali melakukan transfer domain dari registrar satu ke registrar lainnya, ada 2 hal yang diperlukan:

  • Kode otentikasi dari registrar saat ini: Setiap registrar domain seperti Netfirms memberikan Anda kode otentikasi yang nantinya kode ini akan diminta oleh registrar baru, dalam kasus ini adalah GoDaddy.
  • Transaksi ID dan Security Code: kode ini dikirim oleh registrar baru (dalam hal ini, GoDaddy) ke email admin. Whois record untuk domain Anda yang ingin ditransfer. Hal ini untuk memverifikasi kepemilikan domain.

1. Jadi mari kita mulai dengan langkah-langkah sederhana:

Untuk memulai proses transfer, Anda perlu memastikan bahwa domain Anda sudah di-unlock dan private registration-nya dinonaktifkan, update informasi whois dengan informasi yang benar di akun NetFirms Anda, sehingga Anda dapat mentransfer domain ke GoDaddy dengan lancar. Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk memperbarui pengaturan.

Untuk mengedit pengaturan, Anda perlu: login ke Netfirms > buka Control Panel > Domain > DomainCentral.

transfer domain dari netfirms ke godaddy

Lalu klik pada “Domain“, klik pada nama domain yang ingin ditransfer. Sekarang Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan tab seperti: Overview, Pointers, Transfer, Contact, DNS, Nameservers, Security, Subdomains, Renew. Klik pada Transfer.

control panel netfirms

  1. Pastikan Anda telah menonaktifkan domain privacy: (Jika domain Anda bersifat private, GoDaddy tidak dapat menemukan email dan mengirimkan kode verifikasi ke email admin sesuai record di domain, jadi pastikan Anda telah menonaktifkan domain privacy sampai domain tersebut berhasil transfer).
  2. Pastikan domain  yang ingin ditransfer sudah di-unlocked.
  3. Pastikan email di whois domain pada panel Netfirms adalah email valid Anda.
  4. Dan domain umurnya minimal 60 hari atau telah aktif selama minimal 60 hari.

Jika Anda telah melakukannya dengan benar, Anda akan melihat simbol centang hijau setelah Anda memperbarui pengaturan Anda.

2. Menambahkan Domain ke GoDaddy

Sekarang kita mulai proses transfer di GoDaddy.

1. Pertama, login ke akun GoDaddy Anda dan buka link http://www.godaddy.com/domain/domain-transfer.aspx.

2. Masukkan domain dalam kotak isian.

transfer domain ke godaddy

3. Klik tombol go dan tambahkan ke keranjang (proceed to cart). Tips: sebelum membayar, sebaiknya Anda mencari kupon GoDaddy dan menggunakannya sehingga ada diskon pada pembayaran Anda

4. Setelah Anda membayarnya, Anda akan menerima email dari GoDaddy dengan subjek seperti ini “Transfer of DOMAINANDA.COM – Action Required” dan email ini akan berisi Transaction ID serta Security Code yang Anda butuhkan untuk masuk ke otentifikasi proses transfer dari Netfirms ke GoDaddy.

5. Sekarang pergi ke halaman “Myaccount” di GoDaddy, pilih di bawah Products, klik pada “Domains” di bawah Domains, klik “Transfers” untuk melihat transfer yang masih pending. Setelah Anda mengkliknya, Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat melihat status proses transfer.

pending transfer

6. Di halaman pending transfer, Anda akan menemukan nama domain yang Anda sudah Anda lakukan proses transfer. Pada tab “Status“, Anda akan menemukan link yang meminta Anda untuk mengotentikasi transfer. Klik di link tersebut untuk membuka kotak dialog dan untuk memasukkan “Transaction Id dan password” yang Anda terima melalui email. Setelah Anda mengkonfirmasi, Anda akan diminta untuk memasukkan kode otentikasi dari Netfirms. Anda bisa mendapatkan email kode otentikasi dengan mengklik tombol “Send auth” pada halaman yang sama. Anda dapat mengecek gambar yang kedua sebagai referensi.

Hanya itu saja, sekarang tunggu proses transfer selesai dalam beberapa jam atau hari. Anda akan menerima email konfirmasi dari Godaddy setelah proses transfer selesai. Semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply