Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part V

Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part V

1 183
Pada tutorial kali ini kita akan membuat tekstur yang lebih realistis pada model Kungfu Panda. Di sini saya hanya ingin berbagi bagaimana cara mengaplikasikan tekstur bitmap. Nb: Tutorial ini tidak menjelaskan secara detail step by step-nya. Saya mengasumsikan bahwa anda sudah familiar dengan Photoshop.
Yang pertama kali kita lakukan adalah menyiapkan gambar referensi. 1 gambar Kungfu Panda Movie dan 1 gambar panda yang sebenarnya.

kungfu panda the movie

1. Mari kita mulai dari kepala Panda duluan. Saya crop setengah dari gambar asli panda dan drag ke template. Scale gambar yang di-crop tadi agar pas dengan template. Lalu gunakan Clone Stamp tool untuk membuat bulu dan wajah disekitarnya.

2. Saya crop mata dari gambar Kungfu Panda Movie dan drag ke dalam template tekstur. Dan juga crop beberapa bagian di bagian tangan dari gambar panda yang asli untuk menambahkan bulu hitam. Untuk sisi sebelah kiri muka, saya hanya melakukan duplikasi layer dan menggunakan Flip Horizontal (Edit>Transform>Flip Horizontal). Lalu gunakan Clone Stamp tool untuk melapisi kerutan di tengah.

3. Selanjutnya menggambar warna gelap di bagian telinga, agar peralihan warna antara kepala dengan telinga bisa lebih halus. Lalu perbaiki bentuk mata. Gunakan Clone Stamp tool dengan ukuran brush yang kecil. Clone dari bagian bulu yang gelap dan bagian bulu yang putih.

4. Untuk badan, saya meng-crop beberapa bagian bulu dari gambar panda yang asli. Resize dan copy berulang-ulang sampai menutupi badan. Saya memakai Clone stamp tool agar semua bulu yang saya copy bisa dipadukan dengan baik.

5. Lakukan teknik yang sama seperti di atas pada bulu hitam. Crop, copy dan cetak clone. Nb: tambahkan sedikit bulu putih dengan bantuan Clone stamp tool pada bagian ketiak untuk membuat peralihan warna antara badan dengan lengan.

6. Untuk ikat pinggang, saya hanya crop beberapa gambar dari gambar Kungfu Panda Movie. Sayangnya gambar ikat pinggang yang saya crop melengkung. Untuk mengubahnya, saya pakai Edit > Transform > Warp. Setelah itu, resize dan atur posisinya di bagian ikat pinggang. Kadang-kadang saya men-distort gambar (Edit > Transform > Distort). Saya mengulangi proses ini berkali-kali sampai saya dapatkan penuh dengan gambar ikat pinggang.
7. Untuk kaki, tekniknya sama dengan teknik di atas. Saya crop gambar Kungfu Panda Movie. Di-Distort lalu copy paste untuk membuat penampilan yang diinginkan.
8. Setelah itu saya melakukan duplikasi layer dan membaliknya untuk membuat sisi lain dari badan. Selanjutnya adalah celana Po. Saya gambar beberapa potongan dengan warna yang solid pada 1 layer. Lalu di bawah layer ini, saya buat layer tekstur. Saya hanya mengacak beberapa tekstur dengan rotasi dan ukuran tekstur yang berbeda. Lalu ganti mode layer atas ke dalam Multiply. Terkadang anda bisa pakai Color mode juga, tergantung dengan warna dan tekstur yang anda pakai.
9. Untuk efek jahitan, saya hanya memakai Line Tool berkali-kali.
10. Untuk bagian gambar tekstur lainnya, seperti pada telapak tangan dan telapak kaki, tekniknya sama dengan yang di atas. Saya hanya melakukan crop, copy dari gambar lain dan kadang-kadang menggambarnya. Gambar di bawah merupakan contoh dari tekstur yang sudah selesai. Lalu save teksturnya dan gunakan sebagai Diffuse map. Anda juga bisa menambahkan bump atau specular map milik anda sendiri jika anda mau.
11. Selamat!!! Anda sudah menyelesaikan tutorial Kungfu Panda untuk texturing. Gambar di bawah ini adalah hasil render dengan menggunakan tekstur yang ada di atas. Pada tutorial selanjutnya kita akan Skinning dan Rigging pada model Po.
Kungfu Panda Tahap Texturing     Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

1 COMMENT

Leave a Reply