Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part I

Tutorial Kungfu Panda – Texturing Part I

2 50

Setelah kita membuat model Po, sekarang waktunya kita memberi tekstur pada Po.

1. Pertama, buka model Kungfu Panda yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu pergi ke tab Modify dan hapus Turbosmooth modifier. Lalu gunakan Unwrap UVW modifier pada model.
kungfu panda texturing
2. Langkah selanjutnya adalah menyeleksi bagian-bagian model dan memberi nama pada setiap bagiannya. Anda perlu melakukan hal ini supaya ketika ingin melakukan perubahan pada bagian tertentu nantinya bisa lebih mudah. Pada Modifier stack, klik tanda plus (+) di sebelah kiri Unwrap UVW modifier. Lalu sorot muka Po. Sekarang anda bisa menyeleksi muka Po. Seleksi kepala Po menggunakan Select Object tool. Jangan menyeleksi telinga Po. Anda bisa menghapus ceklis Ignore Backfacing agar bisa lebih mudah menyeleksi muka Po. Jika pilihan ini tidak aktif, anda bisa menyeleksi muka bagian depan dan belakang dengan bersamaan. Gunakan Ctrl+klik untuk menyeleksinya. Kalau ingin menghapus seleksi pada bagian tertentu tinggal tekan Alt+klik. Setelah semua muka diseleksi, beri nama pada muka ini di Named Selection Set (letaknya ada di bagian atas layar). Contohnya kita mau beri nama “kepala”, lalu tekan Enter.
3. Selanjutnya anda perlu menyeleksi bagian lain dari model Po dan memberi nama pada setiap bagiannya. Caranya sama seperti yang ada di atas. Gunakan gambar di bawah ini sebagai referensi. Total yang harus anda seleksi dan beri nama ada 16 buah.
4. Jika anda salah menyeleksi dan salah memberi nama, klik tombol Edit Named Selection Sets. Pada dialog box yang muncul, anda bisa menyorotnya dan menghapus seleksi tersebut.
Kungfu Panda Tahap Texturing     Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

2 COMMENTS

Leave a Reply